ANALISA PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP PRODUKTIVITAS BANK UMUM SYARIAH (Studi pada Laporan Keuangan Periode Tahun 2015Q1-2020Q4)

HANIFAH, Salma Hasna and HAYATI, Banatul,(22 September 2023), ANALISA PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP PRODUKTIVITAS BANK UMUM SYARIAH (Studi pada Laporan Keuangan Periode Tahun 2015Q1-2020Q4). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (196kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (287kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (301kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (253kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (427kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Produktivitas dalam perbankan syariah dapat ditingkatkan dengan pengoptimalan antara aset berwujud dan aset tidak berwujud. Produktivitas dalam penelitian ini dilihat dari rasio aset turnover (ATO). Intellectual capital (IC) adalah modal dan sumber daya yang tidak berwujud (misal pengalaman, pengetahuan, filosofi manajemen, produk, sistem, dan sumber daya manusia) yang mendukung dalam penciptaan nilai perusahaan. Intellectual capital terdiri dari tiga elemen organisasi yaitu human capital, structural capital dan customer capital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh value added capital employed , value added human capital, structural capital value added, dan market share terhadap produktivitas dalam rasio asset turnover (ATO) pada bank umum syariah tahun 2015Q1-2020Q4. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan yang diterbitkan melalui web resmi perusahaan. Data dalam penelitian ini berupa data panel yang terdiri dari data cross section 5 bank umum syariah dan data time series tahun 2015Q1-2020Q4. Analisis data yang digunakan adalah regresi data panel dengan model regresi fixed effect. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa value added capital employed (VACA) berpengaruh positif dan signifikan pada α = 5%, value added human capital (VAHU) berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada α = 5%, structural capital value added (STVA) berpengaruh positif dan signifikan pada α = 5%, dan market share memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas dalam proksi asset turnover (ATO) pada bank umum syariah tahun 2015Q1- 2020Q4.
Keywords : Produktivias, Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Structural Capital Value Added (STVA), Market Share, Produktivitas, Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Structural Capital Value Added (STVA), Market Share.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Salma Hasna Hanifah
Date Deposited: 03 Oct 2023 06:14
Last Modified: 03 Oct 2023 06:57
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13455

Actions (login required)

View Item
View Item