Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Nilai terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Maskapai Penerbangan Lion Air)

HAQQU, Hafiidha and IDRIS, Idris,(29 September 2023), Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Nilai terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Maskapai Penerbangan Lion Air). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Setelah melalui masa krisis yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, para pelaku pasar di industri penerbangan harus memulihkan kerugian besar-besaran yang telah dialami. Tidak terkecuali Lion Air, maskapai penerbangan LCC lokal yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2000. Namun, Lion Air terus mengalami penurunan loyalitas pelanggannya, ditandai dengan penurunan brand index sejak tahun 2021, digeser oleh LCC pendatang baru Citilink, serta pemberian nilai dan komentar buruk dari pelanggan di berbagai platform. Penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas layanan dan persepsi nilai terhadap loyalitas pelanggan dengan menggunakan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada pelanggan maskapai penerbangan Lion Air. Sebanyak 140 responden yang pernah melakukan penerbangan menggunakan Lion Air sebanyak minimal 2 kali dalam kurun waktu 2019−2023 diminta menjawab kuesioner dalam pilihan Skala Likert 1−5. Jawaban kuesioner kemudian menjadi data penelitian yang dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Method (SEM) menggunakan program AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan persepsi nilai tidak memengaruhi loyalitas pelanggan secara langsung. Namun, sebagai variabel intervening, kepuasan pelanggan dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kualitas layanan dan persepsi nilai sebesar 0,403 dan 0,557, dan juga memengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 0,989. Ini menyebabkan adanya efek tidak langsung dari kualitas layanan dan persepsi nilai sebesar 0,398 dan 0,551 terhadap loyalitas pelanggan. Maka, penelitian ini merekomendasikan Lion Air untuk berfokus menciptakan kepuasan pelanggan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan.
Keywords : Service Quality, Perceived Value, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Airline, Kualitas Layanan, Persepsi Nilai, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Maskapai Penerbangan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Hafiidha Haqqu
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:52
Last Modified: 04 Oct 2023 07:52
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13483

Actions (login required)

View Item
View Item