Analisis Transmisi Kebijakan Moneter Saluran Suku Bunga dan Harga Aset pada Kerangka Kebijakan Flexible ITF di Indonesia (2016.08-2022.12)

HIDAYAT, Taufiq and NUGROHO, SBM,(10 October 2023), Analisis Transmisi Kebijakan Moneter Saluran Suku Bunga dan Harga Aset pada Kerangka Kebijakan Flexible ITF di Indonesia (2016.08-2022.12). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (82kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas transmisi kebijakan moneter yang diterapkan oleh Bank Indonesia melalui saluran suku bunga dan harga aset terhadap sasaran akhir, yakni inflasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Vector Error Correction (VEC) serta data yang digunakan merupakan data bulanan dari Agustus 2016 hingga Desember 2022. Analisis model VEC menunjukkan bahwa dalam jangka panjang, transmisi kebijakan moneter melalui saluran suku bunga dan harga aset terbukti dapat memengaruhi inflasi. Namun dalam jangka pendek, hanya saluran harga aset yang menunjukkan pengaruh signifikan terhadap inflasi. Pada analisis IRF, perubahan BI-7DRR direspons secara fluktuatif dan positif oleh inflasi pada saluran suku bunga. Sebaliknya, pada jalur harga aset, perubahan BI-7DRR direspons oleh inflasi secara negatif. Sementara itu, analisis VDC menunjukkan bahwa variabel suku bunga perbankan tidak berkontribusi besar dalam pembentukan inflasi Di sisi lain, pada saluran harga aset, variabel lain dalam model memiliki kontribusi yang cukup tinggi dalam pembentukan inflasi.
Keywords : Monetary Policy Transmission, Interest Rate Channel, Asset Price Channel, Vector Error Correction Model., Transmisi Kebijakan Moneter, Saluran Suku Bunga, Saluran Harga Aset, Model Vector Error Correction.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Taufiq Hidayat
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:25
Last Modified: 30 Oct 2023 06:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13521

Actions (login required)

View Item
View Item