PERAN BUMDES DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA SAMBIYAN, KECAMATAN KALIORI, KABUPATEN REMBANG

ILYAS, Amirullah Thoriq and SANTOSA, Purbayu Budi,(9 August 2023), PERAN BUMDES DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA SAMBIYAN, KECAMATAN KALIORI, KABUPATEN REMBANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (183kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (164kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (168kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (146kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (190kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan lahirnya Undang-Undang No. 6 tahun 2014 tentang Desa, maka dimulailah era di mana desa telah diakui oleh negara dalam kedudukannya sebagai satu kesatuan masyarakat hukum yang berwenang mengurus urusan pemerintahannya sendiri, maka wajiblah bagi desa untuk menjalankan fungsinya yang salah satunya adalah memajukan kesejahteraan umum bagi masyarakat. Desa untuk menjalankan tugasnya tersebut tentu memerlukan sumber-sumber daya yang bersumber dari tranfer pemerintah pusat. Kenyataannya pendapatan dari transfer pemerintah tersebut masih belum memenuhi kebutuhan untuk pembangunan infrastruktur. Maka dari itu desa membuat sumber pendanaan lain yaitu Pendapatan Asli Desa (PADes). Ada beberapa macam sumber PADes yang dapat membantu desa sabagai tambahan pendapatan. Dari berbagai macam PADes yang ada di desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi salah satu PADes yang dapat menyerap tenaga kerja serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan desa karena pengelolaannya sepenuhnya dikelola oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran sebelum dan sesudah adanya BUMDes terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Sambiyan. Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat Desa Sambiyan yang merasakan dampak BUMDes sebanyak 100 orang, sedangkan pengambilan sampel menggunakan formula slovin sebanyak 8o orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa BUMDes Desa Sambiyan memiliki dampak positif bagi masyarakat serta terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya BUMDes di Desa Sambiyan.
Keywords : Village Owned Enterprises, community welfare, village original income, infrastructure development., Badan Usaha Milik Desa, kesejahteraan masyarakat, pendapatan asli desa, pembangunan infrastruktur.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Amirullah Thoriq Ilyas
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:39
Last Modified: 06 Nov 2023 01:53
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13534

Actions (login required)

View Item
View Item