SALMA, Naqifatus and SUKRESNA, I Made,(25 October 2023), PENGARUH GREENWASHING PERCEPTIONS TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION PADA KEMASAN RECYCLE BOTOL PLASTIK COCA-COLA (STUDI PADA KONSUMEN MINUMAN COCA-COLA). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (54kB)
Download (54kB)
Text (Abstrak Inggris)
- Published Version
Download (230kB)
Download (230kB)
Text (Abstrak Indonesia)
- Published Version
Download (157kB)
Download (157kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (188kB)
Download (188kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (233kB)
Download (233kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
ABSTRAK
Banyak perusahaan berusaha untuk meningkatkan posisi lingkungan mereka dengan mempresentasikan upaya lingkungan mereka kepada publik. Untuk melakukannya, mereka menerapkan strategi pemasaran hijau untuk membantu mendapatkan keunggulan kompetitif dan menarik konsumen sadar ekologi. Namun, tidak semua klaim green marketing secara akurat mencerminkan perilaku lingkungan perusahaan, dan dapat dipandang sebagai 'greenwashing'. Greenwashing mungkin tidak hanya mempengaruhi profitabilitas perusahaan, tetapi yang lebih penting, mengakibatkan kerugian etis. Oleh karena itu, penelitian ini memperluas studi greenwashing sebelumnya dengan memeriksa pengaruh tambahan dan hasil dari greenwashing yang dirasakan.
Penelitian di lakukan terhadap 150 responden melalui kuesioner kuantitatif dengan pertanyaan tertutup yang memiliki skala likert 1-5. Analisis penelitian dilakukan dengan metode structural equation model (AMOS) menggunakan software AMOS.
Hasil penelitian mmenunjukkan bahwa presepsi greenwashing tidak berpengaruh langsung terhadap niat beli hijau, namun melalui pengaruh dari mulut ke mulut hijau. Presespi greenwashing berpengaruh negatif dan signifikan terhadap mulut ke mulut hijau, mulut ke mulut hijau berpengaruh positif terhadap nilai yang di rasakan hijau, mulut ke mulut hijau berpengaruh poisitif terhadap niat beli hijau, nilai yang di rasakan hijau berpengaruh terhadap niat beli hijau. Dengan temuan ini menunjukkan bahwa pentingnya dari mulut ke mulut hijau bagi perusahaan hijau dalam mencapai niat beli hijau, nilai yang di rasakan hijau juga merupakan variabel penting, karena merupakan pemicu proses yang mengarah pada niat beli hijau.
Keywords : | Greenwasing perceptions, green word of mouth, green perceived value, green purchase intention, Presepsi greenwashing, dari mulut ke mulut hiaju, nilai yang di rasakan hiaju, niat beli hijau |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Naqifatus Salma |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 06:37 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 06:37 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13562 |