PENGARUH GREENWASHING PERCEPTIONS TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION PADA KEMASAN RECYCLE BOTOL PLASTIK COCA-COLA (STUDI PADA KONSUMEN MINUMAN COCA-COLA)

SALMA, Naqifatus and SUKRESNA, I Made,(25 October 2023), PENGARUH GREENWASHING PERCEPTIONS TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION PADA KEMASAN RECYCLE BOTOL PLASTIK COCA-COLA (STUDI PADA KONSUMEN MINUMAN COCA-COLA). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Abstrak Inggris] Text (Abstrak Inggris) - Published Version
Download (230kB)
[thumbnail of Abstrak Indonesia] Text (Abstrak Indonesia) - Published Version
Download (157kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (188kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (233kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Banyak perusahaan berusaha untuk meningkatkan posisi lingkungan mereka dengan mempresentasikan upaya lingkungan mereka kepada publik. Untuk melakukannya, mereka menerapkan strategi pemasaran hijau untuk membantu mendapatkan keunggulan kompetitif dan menarik konsumen sadar ekologi. Namun, tidak semua klaim green marketing secara akurat mencerminkan perilaku lingkungan perusahaan, dan dapat dipandang sebagai 'greenwashing'. Greenwashing mungkin tidak hanya mempengaruhi profitabilitas perusahaan, tetapi yang lebih penting, mengakibatkan kerugian etis. Oleh karena itu, penelitian ini memperluas studi greenwashing sebelumnya dengan memeriksa pengaruh tambahan dan hasil dari greenwashing yang dirasakan. Penelitian di lakukan terhadap 150 responden melalui kuesioner kuantitatif dengan pertanyaan tertutup yang memiliki skala likert 1-5. Analisis penelitian dilakukan dengan metode structural equation model (AMOS) menggunakan software AMOS. Hasil penelitian mmenunjukkan bahwa presepsi greenwashing tidak berpengaruh langsung terhadap niat beli hijau, namun melalui pengaruh dari mulut ke mulut hijau. Presespi greenwashing berpengaruh negatif dan signifikan terhadap mulut ke mulut hijau, mulut ke mulut hijau berpengaruh positif terhadap nilai yang di rasakan hijau, mulut ke mulut hijau berpengaruh poisitif terhadap niat beli hijau, nilai yang di rasakan hijau berpengaruh terhadap niat beli hijau. Dengan temuan ini menunjukkan bahwa pentingnya dari mulut ke mulut hijau bagi perusahaan hijau dalam mencapai niat beli hijau, nilai yang di rasakan hijau juga merupakan variabel penting, karena merupakan pemicu proses yang mengarah pada niat beli hijau.
Keywords : Greenwasing perceptions, green word of mouth, green perceived value, green purchase intention, Presepsi greenwashing, dari mulut ke mulut hiaju, nilai yang di rasakan hiaju, niat beli hijau
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Naqifatus Salma
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:37
Last Modified: 20 Nov 2023 06:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13562

Actions (login required)

View Item
View Item