NUGRAHA, Raihan Ananta and KUSUMAWARDHANI, Amie,(27 November 2023), PENGARUH PROGRAM LOYALITAS DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Starbucks Coffee Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Di masa kini, Program loyalitas merupakan salah satu strategi pemasaran
yang menyajikan program atau insentif yang ditujukan kepada konsumen yang
tetap setia. Program loyalitas yang disusun dengan cermat mampu meningkatkan
citra merek dengan memberikan kepada pelanggan pengalaman yang positif serta
manfaat yang unik, yang akhirnya meningkatkan citra merek positif pelanggan
terhadap merek. Program loyalitas dan citra merek digunakan perusahaan untuk
mengumpulkan informasi dan meningkatkan loyalitas pelanggan dan kepuasan
pelanggan. penelitian ini berusaha untuk mengeksplorasi dampak program
loyalitas dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan
sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini dirancang menggunakan kuesioner dan diukur dengan
menggunakan Skala Diferensial Semantik. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode kuesioner yang disebar menggunakan Google Form.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 responden dengan kriteria berusia 18-
34 tahun, merupakan pengguna starbucks card dan pernah melakukan pembelian
produk dengan menggunakan Starbucks card. Data yang diperoleh dianalisis
dengan pendekatan kuantitatif dan struktural menggunakan metode Structural
Equation Modeling (SEM) melalui perangkat lunak AMOS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan program loyalitas tidak berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, citra merek berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, program loyalitas
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan citra
merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa kepuasan pelanggan tidak dapat
memediasi pengaruh program loyalitas terhadap loyalitas pelanggan secara
signifikan serta kepuasan pelanggan dapat memediasi citra merek terhadap
loyalitas pelanggan
Keywords : | loyalty program, brand image, customer loyality, customer satisfaction, program loyalitas, citra merek, loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nugraha Raihan Ananta |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 03:34 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 03:34 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13570 |