PENGARUH KOMPENSASI DAN KARAKTERISTIK EKSEKUTIF TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019 – 2021)

CAHYATI, Tenia Nur and YUYETTA, Etna Nur Afri,(1 November 2023), PENGARUH KOMPENSASI DAN KARAKTERISTIK EKSEKUTIF TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019 – 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (173kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (229kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (271kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (276kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kompensasi dan karakteristik eksekutif terhadap agresivitas pajak yang diproksikan dengan effective tax rate. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kompensasi eksekutif, direksi asing, keahlian akuntansi direksi, usia direktur utama, masa jabatan direktur utama, dan direksi wanita. Populasi yang digunakan yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019 – 2021. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling atau pengambilan sampel perusahaan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Jumlah perusahaan yang dijadikan sampel yaitu 36 perusahaan manufaktur. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa keahlian akuntansi direksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap agresivitas pajak. Masa jabatan direktur utama berpengaruh negatif dan signifikan terhadap agresivitas pajak. Sementara itu, kompensasi eksekutif, direksi asing, usia direktur utama dan direksi wanita tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak.
Keywords : Tax aggressiveness, executive compensation, foreign directors, directors' accounting expertise, CEO age, CEO tenure, female directors., Agresivitas pajak, kompensasi eksekutif, direksi asing, keahlian akuntansi direksi, usia direktur utama, masa jabatan direktur utama, direksi wanita.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Tenia Nur Cahyati
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:11
Last Modified: 28 Nov 2023 01:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13573

Actions (login required)

View Item
View Item