ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA SEKTOR PERIKANAN MENGGUNAKAN SIMULASI FUZZY AHP (Studi Kasus: Kawasan Tambak Lorok, Kota Semarang)

MUFID, Daffa Dhiyaulhaqq and AMINATA, Jaka,(27 September 2023), ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA SEKTOR PERIKANAN MENGGUNAKAN SIMULASI FUZZY AHP (Studi Kasus: Kawasan Tambak Lorok, Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (95kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (62kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (60kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (111kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (140kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis mengenai permasalahan sumber daya manusia pada sektor perikanan di Kawasan Tambak Lorok, Kota Semarang. Meskipun wilayah Tambak Lorok memiliki potensi di sektor perikanan yang cukup besar, namun masih terdapat permasalahan yang terjadi seperti rendahnya tingkat kesejahteraan, kualitas fasilitas dan lingkungan kerja yang buruk serta aspek kelembagaan yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan kemudian dilakukan proses pengambilan keputusan guna menentukan strategi yang sesuai sebagai solusi dari permasalahan sumber daya manusia di Tambak Lorok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Fuzzy AHP dengan data primer. Kriteria yang didapatkan dari observasi yaitu nelayan, pedagang perikanan, dan pengelola perikanan, dengan alternatif yaitu pelatihan kerja, peningkatan fasilitas kerja dan penguatan lembaga. Berdasarkan hasil perhitungan Fuzzy AHP, menunjukkan bahwa alternatif yang mempunyai prioritas tertinggi yaitu peningkatan fasilitas kerja, prioritas tengah yaitu penguatan lembaga, dan prioritas terendah yaitu pelatihan kerja.
Keywords : Fisheries Sector, Decision Making, Strategy, Fuzzy AHP., Sektor Perikanan, Pengambilan Keputusan, Strategi, Fuzzy AHP.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Daffa Dhiyaulhaqq
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:37
Last Modified: 06 Dec 2023 04:50
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13592

Actions (login required)

View Item
View Item