ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN INVESTASI PADA PLATFORM PEER TO PEER LENDING SYARIAH (Studi Pada Investor Peer To Peer Lending Syariah Di Indonesia)

HIDAYATI, Nurul and SANTOSA, Purbayu Budi,(14 November 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN INVESTASI PADA PLATFORM PEER TO PEER LENDING SYARIAH (Studi Pada Investor Peer To Peer Lending Syariah Di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (195kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (252kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (185kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (206kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (382kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Minat masyarakat Indonesia dalam berinvestasi pada peer to peer lending syariah sebagai salah satu instrumen investasi yang terhubung pada sektor riil, khususnya UMKM, masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan jumlah borrower atau penerima pinjaman. Hal ini sangat disayangkan karena banyak UMKM yang kesulitan memperoleh akses pembiayaan dari lembaga keuangan. Oleh karena itu, perlu dilakukannya analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan investasi pada peer to peer lending syariah guna mengetahui faktor apa saja yang memiliki pengaruh dalam meningkatkan minat calon investor pada peer to peer lending syariah sehingga dapat memperkecil gap antara jumlah investor dan borrower serta meningkatkan pertumbuhan penyaluran pinjaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko, kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan, keamanan, pertimbangan prinsip syariah, dan literasi keuangan sebagai variabel independen terhadap keputusan investasi yang merupakan variabel dependen. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini merupakan investor muslim di Indonesia yang pernah berinvestasi pada platform peer to peer lending syariah. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Teknik analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi logistik ordinal menggunakan IBM SPSS Statisics 25. Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel kepercayaan, pertimbangan prinsip syariah, dan literasi keuangan berpengaruh positif terhadap keputusan investasi pada platform peer to peer lending syariah.
Keywords : Sharia peer to peer lending, investment decisions, trust, consideration of sharia principles, financial literacy., Peer to peer lending syariah, keputusan investasi, kepercayaan, pertimbangan prinsip syariah, literasi keuangan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Nurul Hidayati
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:12
Last Modified: 06 Dec 2023 07:12
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13598

Actions (login required)

View Item
View Item