PENGARUH KEBOCORAN DATA (RANSOMWARE) DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI PROVINSI JAWA TENGAH

MA'RIFA, Habiba Shafira Fitri and SANTOSA, Purbayu Budi,(16 November 2023), PENGARUH KEBOCORAN DATA (RANSOMWARE) DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI PROVINSI JAWA TENGAH. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (89kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (64kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (63kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (84kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (149kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) telah menjadi salah satu korban dari kejahatan siber ransomware yang mengakibatkan kebocoran data pribadi milik nasabah yang ditandai dengan adanya gangguan layanan. Serangan hacker terhadap BSI tersebut tidak hanya menimbulkan kekhawatiran bagi nasabah, tetapi juga menimbulkan kerugian finansial dan reputasi bagi bank. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebocoran data nasabah dan beberapa faktor lainnya terhadap loyalitas nasabah BSI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi penelitian adalah nasabah BSI yang berdomisili di daerah Jawa Tengah dengan sampel sebanyak 100 orang. Data yang diperoleh akan diolah menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kebocoran data nasabah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, kualitas layanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah BSI, sedangkan variabel keamanan dan brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah BSI. Hal ini membuktikan bahwa kebocoran data yang terjadi di BSI dapat menurunkan loyalitas nasabah karena mengakibatkan turunnya kepercayaan secara signifikan yang berdampak pada loyalitas.
Keywords : Customer Data Leakage, BSI, Customer Loyalty., Kebocoran Data Nasabah, BSI, Loyalitas Nasabah.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Habiba Shafira Fitri Ma'rifa
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:35
Last Modified: 08 Dec 2023 07:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13608

Actions (login required)

View Item
View Item