PENGARUH ASPEK INVESTASI TERHADAP PELAPORAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DENGAN BOARD MONITORING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia sub-sektor Plastik dan Kemasan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 – 2021)

ULYA, Safira Nuril and PARASETYA, Mutiara Tresna,(8 November 2023), PENGARUH ASPEK INVESTASI TERHADAP PELAPORAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DENGAN BOARD MONITORING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia sub-sektor Plastik dan Kemasan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 – 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (98kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (233kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (236kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (599kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (614kB) | Request a copy

Abstract

Trend pelaporan CSR sudah menjadi bagian umum dari perusahaan, selain untuk melengkapi substansi aktivitas pelaksanaan CSR, pelaporan CSR juga memberi dampak yang cukup signifikan terhadap sustainability perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh aspek investasi terhadap pelaporan CSR dengan board monitoring sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan dengan objek perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia subsektor plastik dan kemasan yang terdaftar di BEI tahun 2019- 2021. Penelitian ini dilakukan menggunakan Moderate Regression Analysis (MRA) yang meliputi uji deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya 2 hasil hipotesis yang berpegaruh dan signifikan, yaitu pada hubungan pertumbuhan penjualan terhadap pelaporan CSR dan variable board monitoring yang mempekuat hubungan pertumbuhan penjualan terhadap pelaporan CSR. Sedangkan hasil uji hipotesis yang mengatakan adanya pengaruh namun tidak signifikan adalah pada hubungan board monitoring yang memperlemah hubungan intensitas R&D terhadap pelaporan CSR, dan board monitoring yang memperkuat hubungan pertumbuhan asset berwujud dan tidak berwujud terhadap pelaporan CSR. Sisanya variabel pelaporan CSR tidak dipengaruhi dan tidak signifikan oleh variabel pertumbuhan penjualan, variabel pelaporan CSR tidak berpengaruh dan tidak signifikan oleh variabel intensitas R&D, variabel pelaporan CSR tidak dipengaruhi dan tidak signifikan oleh variabel pertumbuhan aset berwujud dan tidak berwujud.
Keywords : Board monitoring, CSR, R&D intensity, asset growth, sales growth., Board monitoring, CSR, intensitas R&D, pertumbuhan aset, pertumbuhan penjualan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Safira Nuril Ulya
Date Deposited: 13 Dec 2023 08:34
Last Modified: 13 Dec 2023 08:34
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13623

Actions (login required)

View Item
View Item