PENERAPAN FRAUD DIAMOND DALAM PENDETEKSIAN KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Healthcare yang Terdaftar di BEI 2019-2022)

HAQ, Shifna Zihdatal and RAHARDJO, Shiddiq Nur,(13 December 2023), PENERAPAN FRAUD DIAMOND DALAM PENDETEKSIAN KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Healthcare yang Terdaftar di BEI 2019-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (163kB)
[thumbnail of Abstract (Inggris)] Text (Abstract (Inggris)) - Published Version
Download (160kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (186kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (226kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (223kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Laporan keuangan suatu perusahaan digunakan untuk menganalisis bagaimana kondisi suatu perusahaan dan dijadikan dasar utama dalam pengambilan keputusan. Laporan keuangan mengandung banyak informasi penting di dalamnya oleh karena itu penting dilakukan upaya pendeteksian yang memungkinkan terjadinya manipulasi dan salah saji dari data-data yang tersedia di laporan keuangan. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis terkait pengaruh konsep fraud diamond yang dikemukakan oleh Wolfe dan Hermanson yakni finansial target, effective monitoring, audit opinion dan broad member’s change sebagai variabel independen terhadap kecurangan laporan keuangan sebagai variabel dependen yang diproksikan dengan formula Beneish M-Score. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 19 perusahaan heatlhcare yang listing pada periode 2019-2022 di Bursa Efek Indonesia. Data sekunder digunakan dalam penelitian ini, yaitu laporan keuangan perusahaan sektor healthcare pada periode 2019-2022 di BEI. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode regresi logistik dengan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel effective monitoring yang diproksikan dengan rasio banyaknya komisaris independen terhadap total seluruh komisaris dan variabel pergantian dewan direksi terbukti berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan, untuk variabel finansial target yang diproksikan dengan return on asset dan opini audit pada penelitian ini tidak membuktikan bahwa variabel-variabel tersebut memiliki pengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan.
Keywords : Fraud Triangle, Fraud Diamond, Financial Statement Fraud, Fraud, Beneish M-Score., Fraud Triangle, Fraud Diamond, Kecurangan Laporan Keuangan, Kecurangan, Beneish M-Score.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Shifna Zihdatal Haq
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:05
Last Modified: 28 Dec 2023 03:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13701

Actions (login required)

View Item
View Item