ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN APLIKASI BANK DIGITAL “JAGO SYARIAH” PADA GEN Z DI KOTA SEMARANG

NOOR, Khaafidl Razzaaq and SETIAWAN, Achma Hendra,(20 December 2023), ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN APLIKASI BANK DIGITAL “JAGO SYARIAH” PADA GEN Z DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (inggris)] Text (Abstrak (inggris)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (indonesia)] Text (Abstrak (indonesia)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Namun, kenyataannya belum memberikan dampak positif pada perkembangan bank digital syariah. Bank Jago Syariah sebagai bank digital syariah terbesar di Indonesia hanya menempati peringkat ketiga sebagai bank digital dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Hasil tersebut masih kalah dengan bank digital konvensional yang masih menduduki peringkat pertama dan kedua. Faktor-faktor seperti Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence dan Facilitating Condition berpengaruh terhadap mobile payment service, namun belum dielaborasi dengan sistem keamanan. Generasi Z memiliki peran penting dalam demografi pengguna fintech di Indonesia. Generasi Z menunjukan tingkat niat yang tinggi dalam menggunakan layanan fintech. Kota semarang dengan pertumbuhan Generasi Z yang tinggi yakni mencapai 31% atau 509.350 jiwa dipilih dalam penelitian ini. Dengan perkembangan bank digital dan minat gen Z dalam menggunakan teknologi, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bank Jago Syariah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition dan Security terhadap penggunaan bank Jago Syariah pada generasi Z di Kota Semarang. Penelitian ini mengacu pada Unified Theory of Acceptance and Use Technology berlandaskan pada penelitian terdahulu dengan topik yang serupa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SEM-PLS dengan menggunakan aplikasi SmartPLS untuk melihat bagaimana pengaruh variabel eksogen Performance Expectancy (PE), Effort Expectancy (EE), Social Influence (SI), Facilitating Condition (FC) dan Security (S) terhadap variabel endogen Use System (US). Variabel Performance Expectancy (PE), Effort Expectancy (EE), Social Influence (SI), dan Facilitating Condition (FC) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan bank Jago Syariah (US). Variabel Effort Expectancy (EE) menjadi variabel paling berpengaruh terhadap penggunaan bank Jago Syariah. Sedangkan Security (S) tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan bank Jago Syariah (US).
Keywords : Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Use System., ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh social, kondisi fasilitas, keamanan, Penerimaan penggunaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Noor Khaafidl Razzaaq
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:37
Last Modified: 28 Dec 2023 08:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13711

Actions (login required)

View Item
View Item