PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN PEMBELAJARAN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung)

FATHURRAHMAN, Azmi and DARMASTUTI, Ismi,(29 December 2023), PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN PEMBELAJARAN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (44kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (167kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peran yang sangat penting dalam organisasi, kemajuan dan perkembangan sebuah organisasi ditentukan oleh kualitas dan kemampuan sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Organisasi harus terus berkembang dan beradaptasi, sebagai bentuk untuk meningkatkan kinerja karyawan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, seperti gaya kepemimpinan dan budaya organisasinya. Gaya kepemimpinan dan budaya organisasi tidak hanya berdampak pada kinerja karyawan, namun juga berdampak pada pembelajaran organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasional terhadap kinerja karyawan dengan pembelajaran organisasional sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling melalui sampling jenuh dengan cara membagikan kuesioner kepada pegawai Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 62 responden. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS) sebagai alat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, budaya organisasional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif signifikan terhadap pembelajaran organisasional, dan budaya organisasional berpengaruh positif signifikan terhadap pembelajaran organisasional. Selain itu diketahui bahwa pembelajaran organisasional terbukti memediasi pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasional terhadap kinerja karyawan.
Keywords : Transformational Leadership Style, Organizational Culture, Organizational Learning, Employee Performance., Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasional, Pembelajaran Organisasional, Kinerja Karyawan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Azmi Fathurrahman
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:27
Last Modified: 08 Jan 2024 06:29
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13727

Actions (login required)

View Item
View Item