ANALISIS DETERMINAN KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PULAU JAWA TAHUN 2014-2021

PRIBADI, Domenico Pinandito and WOYANTI, Nenik,(11 September 2023), ANALISIS DETERMINAN KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PULAU JAWA TAHUN 2014-2021. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (57kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (53kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (63kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (185kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ketimpangan merupakan permasalahan makroekonomi jangka panjang yang dihadapi oleh setiap Negara. Ketimpangan pendapatan di Indonesia terkonsentrasi di provinsi yang terletak di Pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, populasi penduduk, pengangguran, indeks pembangunan manusia, dan upah minimum terhadap ketimpangan pendapatan di Pulau Jawa tahun 2014-2021. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia tahun 2014-2021. Metode yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketimpangan pendapatan di Pulau Jawa Tahun 2014-2021 adalah regresi data panel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pertumbuhan ekonomi, pengangguran, dan upah minimum berpengaruh positif dan signifikan sedangkan jumlah penduduk berpenagruh positif namun tidak signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Pulau Jawa. Indeks pembangunan manusia (IPM) berpengaruh negatif terhadap ketimpangan pendapatan di Pulau Jawa. Secara simultan pertumbuhan ekonomi, populasi penduduk, pengangguran, IPM, dan upah minimum berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Pulau Jawa.
Keywords : Income Inequality, Economic Growth, Population, Unemployment, HDI, Minimum Wage., Ketimpangan Pendapatan, Pertumbuhan Ekonomi,Populasi Penduduk, Pengangguran, IPM, Upah Minimum.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Domenico Pinandito Pribadi
Date Deposited: 30 Dec 2023 06:56
Last Modified: 02 Jan 2024 04:53
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13734

Actions (login required)

View Item
View Item