TURIDOBROTO, Bastian and INDRIANI, Farida,(11 December 2023), EFEKTIVITAS KONSULTASI FTA CENTER SEMARANG PADA KEBERHASILAN UMKM EKSPOR JAWA TENGAH. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (27kB)
Download (27kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (26kB)
Download (26kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (26kB)
Download (26kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (65kB)
Download (65kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (119kB)
Download (119kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konsultasi FTA center Semarang terhadap keberhasilan ekspor UMKM Jawa Tengah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya efektivitas program Semarang FTA Center dalam memberikan pendampingan mengenai keberhasilan UMKM di Jawa Tengah dalam melakukan kegiatan ekspor, hal ini ditunjukkan dengan sedikitnya UMKM yang berhasil melakukan ekspor yaitu sebanyak 35 UMKM keluar. dari 589 UMKM yang telah diberikan konsultasi.
Dalam penelitian ini objek penelitian berkaitan dengan permasalahan yang ingin diteliti yaitu efektivitas konsultasi FTA center Semarang terhadap keberhasilan ekspor UMKM Jawa Tengah. UMKM yang diteliti merupakan UMKM di Jawa Tengah yang sudah melakukan ekspor.
Temuan empiris tersebut menunjukkan bahwa konsultasi yang diharapkan UMKM lebih pada pembiayaan dan komunikasi penjualan dengan pihak eksternal. Kendala yang dialami oleh FTA Center Semarang dalam kebijakan UMKM Jawa Tengah untuk berhasil melakukan ekspor adalah: Kurangnya pengetahuan UMKM mengenai legalitas seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan beberapa peraturan, b. sulitnya akses untuk memperoleh pembiayaan dari perbankan dan lembaga keuangan. c. kurangnya pendampingan bagi UMKM dalam peningkatan kualitas, daya saing produk, tata kelola, dan manajemen perusahaan. d. Permasalahan area produksi, termasuk rendahnya standar produk menjadi kendala bagi UMKM untuk menembus pasar global. e. masalah pemasaran. UMKM memiliki keterbatasan informasi mengenai peluang pasar, minimnya promosi, serta terbatasnya literasi digital dan keuangan.
Keywords : | Effectiveness, Export Barriers, Success of MSMEs, Efektivitas, Hambatan Ekspor, Keberhasilan UMKM |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Bastian Turidobroto |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 04:36 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 04:36 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13796 |