PENGARUH TEKANAN STAKEHOLDER TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEBERLANJUTAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021)

MAHESWARI, Ardra Medina and SEPTIANI, Aditya,(5 December 2024), PENGARUH TEKANAN STAKEHOLDER TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEBERLANJUTAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (72kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (81kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari tekanan stakeholder terhadap kualitas laporan keberlanjutan dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2021. Penelitian ini bergantung pada teori stakeholder dan teori legitimasi serta meregresi beragam pengukuran kualitas laporan keberlanjutan sehubungan dengan tekanan stakeholder (tekanan konsumen, tekanan lingkungan, tekanan pemegang saham, dan tekanan karyawan). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018-2021. Purposive sampling digunakan dalam pemilihan sampel penelitian dan menghasilkan 152 sampel penelitian untuk 4 tahun berturut-turut (2018-2021). Hasil analisis menunjukkan bahwa tekanan konsumen, tekanan lingkungan, dan tekanan karyawan secara signifikan berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keberlanjutan perusahaan di Indonesia. Penelitian ini juga menemukan bahwa tekanan pemegang saham tidak memiliki korelasi signifikan terhadap kualitas laporan keberlanjutan perusahaan.
Keywords : Stakeholder Pressure, Sustainability Reporting Quality, GRI, Manufacturing Industry, Corporate Social Responsibility, Sustainability Report., Tekanan Stakeholder, Kualitas Laporan Keberlanjutan, GRI, Industri Manufaktur, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Sustainability Report.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Ardra Medina Maheswari
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:13
Last Modified: 12 Jan 2024 06:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13808

Actions (login required)

View Item
View Item