PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN APLIKASI BRIMO (BRI MOBILE) TERHADAP CUSTOMER BRAND LOYALTY DENGAN BRAND KNOWLEDGE SEBAGAI ANTESEDEN DAN BRAND SATISFACTION SEBAGAI MEDIATOR

NOVANO, Maura Cheza and INDRIANI, Farida,(31 January 2024), PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN APLIKASI BRIMO (BRI MOBILE) TERHADAP CUSTOMER BRAND LOYALTY DENGAN BRAND KNOWLEDGE SEBAGAI ANTESEDEN DAN BRAND SATISFACTION SEBAGAI MEDIATOR. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (163kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand knowledge, dimensi kualitas, dimensi nilai, dan brand satisfaction terhadap brand loyalty pada aplikasi BRImo. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengadopsi teori four-stage loyalty yang dikembangkan oleh Oliver sebagai pedoman. Penelitian ini juga berusaha mengisi celah pengetahuan dengan mengeksplorasi peran mediasi faktor kualitas, nilai, dan kepuasan dalam konteks aplikasi layanan, sejalan dengan temuan penelitian sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah survei online terhadap pengguna layanan aplikasi BRImo, dengan berhasil mengumpulkan data dari 167 responden. Data dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) dan dioperasikan melalui software Analysis of Moment Structure (AMOS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand knowledge memiliki pengaruh positif terhadap dimensi kualitas, yaitu information usefulness, design aesthetics, dan technology excellence. Information usefulness, design aesthetics, dan technology excellence berpengaruh positif terhadap functional value dan emotional value. Functional value dan emotional value berpengaruh positif terhadap brand satisfaction, yang selanjutnya berpengaruh positif terhadap brand loyalty. Brand Satisfaction memiliki pengaruh positif terhadap Brand Loyalty, mengonfirmasi bahwa kepuasan konsumen menjadi faktor utama dalam membangun loyalitas merek. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman tentang hubungan kompleks antara variabel brand knowledge, kualitas, nilai, kepuasan, dan loyalitas merek dalam konteks aplikasi BRImo.
Keywords : Mobile banking application, Brand Loyalty, Brand Satisfaction, Quality Dimensions, Value Dimensions, Aplikasi m-banking¸ Brand Loyalty, Brand Satisfaction, Dimensi Kualitas, Dimensi Nilai
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Maura Cheza Novano
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:10
Last Modified: 26 Feb 2024 06:22
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13863

Actions (login required)

View Item
View Item