ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN DENGAN METODE GENERALIZED METHOD OF MOMENT (Studi pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2022)

KUSUMA, Difa Putra and MAWARDI, Wisnu,(6 February 2024), ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN DENGAN METODE GENERALIZED METHOD OF MOMENT (Studi pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (77kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (123kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (201kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi dampak nonlinier variabel Cash Conversion Cycle (CCC) terhadap profitabilitas, yang diukur dengan Return on Assets, diikuti oleh variabel kontrol yang terdiri dari ukuran perusahaan (SIZE), pertumbuhan penjualan (GROWTH), umur perusahaan (AGE), leverage (LEV), dan likuiditas (CR) pada sektor properti dan real estate di Indonesia. Penelitian diharapkan dapat menambah wawasan kajian perkembangan manajemen keuangan, memberikan informasi untuk pengambilan keputusan penetapan kebijakan modal kerja, serta dapat digunakan sebagai referensi penelitian selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data panel dinamis Generalized Method of Moments (GMM) dalam aplikasi EViews12. Objek penelitian melibatkan 43 perusahaan properti dan real estate yang tercatat di BEI periode 2017-2019 yang diambil dengan metode purposive sampling, dengan data yang diperoleh dari sumber Bloomberg. Teknik analisis menggunakan uji spesifikasi GMM (Uji Arellano-Bond dan Sargan), uji wald, dan uji statistik t. Hasil Uji Wald menunjukan bahwa CCC, CCC2, SIZE, GROWTH, AGE, LEV, dan CR berpengaruh signifikan terhadap ROA. Hasil Uji Statistik t menunjukan bahwa CCC berpengaruh negatif signfikan terhadap ROA sedangkan CCC2 berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. Ini menunjukkan adanya hubungan nonlinier yang berbentuk huruf U antara CCC dan profitabilitas di sektor properti dan real estate di Indonesia.
Keywords : Return on Assets, Cash Conversion Cycle, Cash Conversion Cycle2, Company Size, Sales Growth, Company Age, Leverage, Liquidity, Return on Assets, Cash Conversion Cycle, Cash Conversion Cycle2, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Umur Perusahaan, Leverage, Likuiditas.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Difa Putra Kusuma
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:23
Last Modified: 13 Feb 2024 07:23
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13875

Actions (login required)

View Item
View Item