MOTIF UMKM MENGGUNAKAN SHARIA CROWDFUNDING (Studi pada Forum UMKM Cikarang Utara)

ARDHANA, Mellania Anjani Oktavia and GUNANTO, Edy Yusuf Agung,(25 January 2024), MOTIF UMKM MENGGUNAKAN SHARIA CROWDFUNDING (Studi pada Forum UMKM Cikarang Utara). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (56kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (168kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peran penting UMKM pada perekonomian nasional menjadi isu yang menarik untuk dibahas. Terlebih dukungan yang kurang pada UMKM dari segi permodalan. Hadirnya crowdfunding sharia memperluas akses dalam hal pendanaan. Perjalanan layanan urun dana syariah sendiri tidak terlepas dari hambatan dan kendala yang pada akhirnya dapat mempengaruhi minat penggunaan layanan urun dana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, trust, perceived risk, kualitas layanan, dan sharia compliance terhadap minat menggunakan layanan urun dana syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis regresi linier berganda dengan alat analisis Smart PLS versi 3. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 127 anggota Forum UMKM Cikarang Utara. Hasil penelitian menyatakan bahwa perceived usefulness, trust, dan sharia compliance berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan layanan urun dana syariah, sedangkan perceived risk dan perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan layanan urun dana syariah. Perceived usefulness adalah variabel yang berpengaruh paling kuat pada minat menggunakan layanan urun dana syariah.
Keywords : MSMEs, sharia crowdfunding services, and the intention of using sharia crowdfunding services., layanan urun dana syariah, minat menggunakan layanan urun dana syariah, dan UMKM.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Mellania Anjani Oktavia Ardhana
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:29
Last Modified: 15 Feb 2024 01:29
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13879

Actions (login required)

View Item
View Item