PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL, KEINOVATIFAN, DAN PERSONALISASI TERHADAP EKUITAS MEREK DENGAN KETERLIBATAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Mie Sedaap)

GUNAWAN, Vanessa Cahyani and SUKRESNA, I Made,(7 February 2024), PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL, KEINOVATIFAN, DAN PERSONALISASI TERHADAP EKUITAS MEREK DENGAN KETERLIBATAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Mie Sedaap). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (52kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (59kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (179kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Industri FMCG, khususnya kelompok makanan adalah salah satu bidang yang kompetitif. Dengan tingkat pertumbuhan, ketahanan, serta peluang berkelanjutan di Indonesia, banyak merek berkompetisi dalam sektor ini. Salah satunya adalah merek Mie Sedaap. Berdasarkan sejumlah data, Mie Sedaap tidak pernah menjadi pilihan pertama bagi masyarakat Indonesia dalam kategori mi instan. Selain itu, berdasarkan wawancara singkat kepada 10 konsumen Mie Sedaap, ditemui hasil bahwa kalah bersaingnya Mie Sedaap ini terjadi karena kurangnya ekuitas merek Mie Sedaap dibanding pesaing, yaitu Indomie. Wawancara singkat tersebut juga mengungkap sejumlah faktor yang memengaruhi ekuitas merek, yaitu pemasaran media sosial, keinovatifan, personalisasi, dan keterlibatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor yang memengaruhi ekuitas merek. Dengan metode penelitian kuantitaif, sampel sejumlah 105 responden kuisioner dengan kriteria pernah mengonsumsi Mie Sedaap dan orang-orang berumur 17-55 tahun yang pernah melihat kampanye atau pemasaran media sosial Mie Sedaap. Data ini kemudian dianalisis dengan SEM-PLS dengan aplikasi SmartPLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara keinovatifan dan personalisasi dengan keterlibatan konsumen, tetapi pemasaran media sosial memiliki hubungan yang insignifikan dengan keterlibatan konsumen. Di mana, personalisasi dengan indikator memiliki peran yang paling kuat dalam memengaruhi keterlibatan konsumen. Lebih lanjut, keterlibatan konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan ekuitas merek.
Keywords : Social Media Marketing, Innovativeness, Personalization, Customer Engagement, and Brand Equity, Pemasaran media sosial, Keinovatifan, Personalisasi, Keterlibatan Konsumen, dan Ekuitas Merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Vanessa Cahyani Gunawan
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:54
Last Modified: 21 Feb 2024 07:41
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13900

Actions (login required)

View Item
View Item