FAHMI, SYARIF MUMTAZA and RAHARJO, Susilo Toto,(29 January 2024), ANALISIS VALUE CHAIN PEMBIAYAAN BANK MUAMALAT INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (30kB)
Download (30kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (27kB)
Download (27kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (26kB)
Download (26kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (72kB)
Download (72kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (100kB)
Download (100kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Dalam era persaingan industri perbankan syariah yang semakin ketat di Indonesia,
PT Bank Muamalat Indonesia, sebagai bank syariah pertama, menghadapi
tantangan besar dalam mempertahankan pangsa pasar dan kinerja keuangannya
yang membaik. Artikel ini menganalisis kinerja Bank Muamalat melalui
pendekatan analisis value chain untuk memahami proses bisnis pembiayaannya dari
hulu ke hilir. Dengan memetakan setiap tahap proses, penelitian ini
mengidentifikasi nilai tambah di setiap segmen dan titik lemah yang mempengaruhi
kinerja keuangan bank. Hasil analisis menunjukkan bahwa rendahnya laba yang
dihasilkan dari kegiatan pembiayaan Bank Muamalat menunjukkan adanya
ineffisiensi dalam salah satu atau beberapa tahapan value chain. Keterbatasan
ekspansi dan upaya menarik nasabah baru menjadi salah satu faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan bank. Selain itu, persepsi masyarakat terhadap
perbankan syariah yang belum optimal memperparah situasi ini. Melalui analisis
value chain, penelitian ini menawarkan wawasan strategis bagi Bank Muamalat
untuk meningkatkan aksesibilitas produk pembiayaan dan pendanaannya, baik
melalui kanal fisik maupun digital. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan studi kasus. Dalam konteks industri perbankan syariah di
Indonesia, PT Bank Muamalat Indonesia menghadapi tantangan signifikan,
khususnya dalam pertumbuhan pembiayaan dan kontribusi terhadap laba
perusahaan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan studi kasus untuk menganalisis
permasalahan yang dihadapi oleh bank dan memberikan rekomendasi strategis yang
relevan. Hasil analisis menunjukkan beberapa tantangan utama, termasuk kendala
dalam pengembangan produk, manajemen sumber daya manusia, dan infrastruktur
teknologi. Berdasarkan temuan, beberapa rekomendasi disarankan, seperti
meningkatkan penelitian produk, mengintegrasikan pelatihan ke dalam jadwal
kerja, dan melakukan peremajaan perangkat keras. Dengan mengadopsi solusi-
solusi ini, Bank Muamalat diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional,
memperkuat posisi pasar, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dalam
industri perbankan syariah.
Keywords : | Islamic Banking, Bank Muamalat, Performance, Value Chain, Competitive Advantage., Perbankan Syariah, Bank Muamalat, Kinerja, Rantai Nilai, Keunggulan Bersaing. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Syarif Mumtaza Fahmi |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 08:17 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 08:17 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13903 |