ANALISIS VALUE CHAIN PEMBIAYAAN BANK MUAMALAT INDONESIA

FAHMI, SYARIF MUMTAZA and RAHARJO, Susilo Toto,(29 January 2024), ANALISIS VALUE CHAIN PEMBIAYAAN BANK MUAMALAT INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (26kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (72kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (100kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam era persaingan industri perbankan syariah yang semakin ketat di Indonesia, PT Bank Muamalat Indonesia, sebagai bank syariah pertama, menghadapi tantangan besar dalam mempertahankan pangsa pasar dan kinerja keuangannya yang membaik. Artikel ini menganalisis kinerja Bank Muamalat melalui pendekatan analisis value chain untuk memahami proses bisnis pembiayaannya dari hulu ke hilir. Dengan memetakan setiap tahap proses, penelitian ini mengidentifikasi nilai tambah di setiap segmen dan titik lemah yang mempengaruhi kinerja keuangan bank. Hasil analisis menunjukkan bahwa rendahnya laba yang dihasilkan dari kegiatan pembiayaan Bank Muamalat menunjukkan adanya ineffisiensi dalam salah satu atau beberapa tahapan value chain. Keterbatasan ekspansi dan upaya menarik nasabah baru menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bank. Selain itu, persepsi masyarakat terhadap perbankan syariah yang belum optimal memperparah situasi ini. Melalui analisis value chain, penelitian ini menawarkan wawasan strategis bagi Bank Muamalat untuk meningkatkan aksesibilitas produk pembiayaan dan pendanaannya, baik melalui kanal fisik maupun digital. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam konteks industri perbankan syariah di Indonesia, PT Bank Muamalat Indonesia menghadapi tantangan signifikan, khususnya dalam pertumbuhan pembiayaan dan kontribusi terhadap laba perusahaan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan studi kasus untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh bank dan memberikan rekomendasi strategis yang relevan. Hasil analisis menunjukkan beberapa tantangan utama, termasuk kendala dalam pengembangan produk, manajemen sumber daya manusia, dan infrastruktur teknologi. Berdasarkan temuan, beberapa rekomendasi disarankan, seperti meningkatkan penelitian produk, mengintegrasikan pelatihan ke dalam jadwal kerja, dan melakukan peremajaan perangkat keras. Dengan mengadopsi solusi- solusi ini, Bank Muamalat diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperkuat posisi pasar, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dalam industri perbankan syariah.
Keywords : Islamic Banking, Bank Muamalat, Performance, Value Chain, Competitive Advantage., Perbankan Syariah, Bank Muamalat, Kinerja, Rantai Nilai, Keunggulan Bersaing.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Syarif Mumtaza Fahmi
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:17
Last Modified: 21 Feb 2024 08:17
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13903

Actions (login required)

View Item
View Item