PENGARUH MODERASI UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN LIKUIDITAS PADA HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

WIDYASWARI, Pramesti Senja and UTOMO, Dwi Cahyo,(30 January 2024), PENGARUH MODERASI UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN LIKUIDITAS PADA HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (35kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (186kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (185kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (205kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (428kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh moderasi ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan likuiditas pada hubungan antara struktur modal dengan profitabilitas. Variabel yang digunakan adalah profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Assets (ROA) sebagai variabel dependen, struktur modal yang diproksikan dengan Debt to Asset Ratio (DAR) sebagai variabel independen, ukuran perusahaan yang diproksikan dengan logaritma natural total aset, pertumbuhan penjualan yang diproksikan dengan rasio pertumbuhan penjualan, dan likuiditas yang diproksikan dengan rasio lancar (CR) sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2017-2019. Sumber data menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan melalui laman resmi Bursa Efek Indonesia dan perusahaan terkait. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 132 sampel data. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal (DAR) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA). Ukuran perusahaan mampu memoderasi secara negatif hubungan antara struktur modal (DAR) dengan profitabilitas (ROA). Pertumbuhan penjualan dan likuiditas (CR) tidak memiliki kemampuan memoderasi hubungan antara struktur modal (DAR) dengan profitabilitas.
Keywords : Profitability, Capital Structure, Firm Size, Sales Growth, and Liquidity., Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, dan Likuiditas.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Pramesti Senja Widyaswari
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:16
Last Modified: 28 Feb 2024 04:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13930

Actions (login required)

View Item
View Item