PUTRA, Mario Rafles Arnoldy and SANTOSA, Suryono Budi,(19 February 2024), PENGARUH CITRA MEREK, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN CONTENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pelanggan Bootcamp Belajarlagi). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (40kB)
Download (40kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (31kB)
Download (31kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (33kB)
Download (33kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (48kB)
Download (48kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (199kB)
Download (199kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Dalam era industri 4.0, sistem ekonomi Indonesia mulai memasuki dunia
digital. Masifnya kemajuan teknologi menuntut semua pihak untuk beradaptasi
dengan yang namanya Digitalisasi. Banyak perusahaan yang mencoba memanfaatkan
kemajuan teknologi untuk dapat mempermudah serta mengefisiensikan kegiatan
pemasaran yang mereka lakukan. Berbagai cara dilakukan dengan mencoba memanfaatkan
digital marketing untuk dapat menarik perhatian calon pelanggan. Popularitas Belajarlagi,
sebagai suatu merek yang melakukan strategi digital marketing menarik untuk diteliti
apakah variabel tersebut yang membuat pelanggannya melakukan suatu pembelian produk.
Selain fenomena tersebut, ditemukan inkonsistensi hasil dari penelitian terdahulu mengenai
variabel Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Oleh karena itu atas dasar fenomena
dan kesenjangan penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah
variabel citra merek, electronic word of mouth, dan content marketing dapat mempengaruhi
keputusan pembelian dengan kepercayaan merek sebagai variabel intervening.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para
pelanggan Belajarlagi yang pernah membeli produk yang mereka jual, Didapatkan total
152 responden. Kriteria responden penelitian adalah pelanggan yang pernah melakukan
pembelian produk Belajarlagi minimal satu kali. Hasil dari pengumpulan data kuesioner
yang telah diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan structural menggunakan metode SEM
(Structural Equation Model) menggunakan program AMOS (Analysis Moment of
Structural) 24.
Temuan pada penelitian ini berhasil membuktikan bahwa citra merek, electronic
word of mouth, dan content marketing dapat mempengaruhi secara positif dan signifikan
dalam pembentukan kepercayaan merek. Selain itu citra merek, electronic word of mouth,
dan content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Namun, terdapat penolakan atas hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh negative dan
tidak signifikan atas hubungan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian.
Implikasi manajerial yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan penelitian ini
sebagai pertimbangan untuk menentukan strategi pemasaran yang dilakukan oleh suatu
perusahaan saat hendak meningkatkan penjualan produk.
Keywords : | Brand Image, Electronic Word of Mouth, Content Marketing, Brand Trust, Purchasing Decisions., Citra Merek, Electronic Word of Mouth, Content Marketing, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mario Rafles Arnoldy Putra |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 07:43 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 07:43 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13932 |