NUGROHO, Adityo and SANTOSA, Suryono Budi,(15 February 2024), ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, CITRA MEREK, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Apotek K-24 di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (176kB)
Download (176kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (202kB)
Download (202kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (206kB)
Download (206kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (239kB)
Download (239kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (291kB)
Download (291kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Meningkatnya jumlah apotek sebagai sarana kesehatan baik berskala lokal
maupun nasional dari tahun ke tahun menyebabkan persaingan semakin tinggi
dalam bisnis obat, di Indonesia terdapat beberapa merek apotek berskala nasional
yang mendominasi persaingan apotek salah satunya Apotek K-24. Pada rentang
tahun 2019 sampai 2023 statistik Apotek K-24 pada Google Trend cenderung
mengalami peningkatan yang tidak cukup baik jika dibandingkan beberapa merek
apotek nasional lainnya. Selain statistik yang kurang baik, terdapat sejumlah
ulasan yang kurang baik pada google maps beberapa Apotek K-24
di Kota Semarang. Selain fenomena tersebut, terdapat inkonsistensi penelitian
antara persepsi harga, citra merek, dan kualitas layanan terhadap loyalitas merek
pada penelitian terdahulu. Maka dari itu, atas dasar fenomena dan kesenjangan
penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan antara
persepsi harga, citra merek, dan kualitas layanan terhadap loyalitas merek pada
Apotek K-24 di Kota Semarang yang diperantarai oleh kepuasan pelanggan.
Konsep yang dikembangkan dalam kerangka penelitian antara persepsi harga,
citra merek, kualitas layanan, kepuasan pelanggan, dan loyalitas merek didasarkan
pada teori serta penelitian yang telah dilakukan di masa lampau. Data dalam
penelitian ini didapat dengan menyebarkan kuesioner yang didalamnya memuat
pertanyaan tertutup secara daring dan memperoleh 150 responden. Kriteria
responden dalam penelitian yaitu konsumen yang pernah melakukan pembelian
minimum 1 kali pada Apotek K-24 di Kota Semarang. Hasil pengumpulan data
kuesioner penelitian ini selanjutnya dianalisis menggunakan teknik kuantitatif dan
struktural dengan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM)
menggunakan software Analysis Moment of Structural (AMOS) 24.
Hasil penelitian ini dapat membuktikan bahwa persepsi harga, citra merek, dan
kualitas layanan dapat memperkuat kepuasan pelanggan dengan pengaruh yang
positif dan signifikan. Selain itu persepsi harga, citra merek, dan kualitas layanan
juga dapat memperkuat loyalitas merek dengan pengaruh yang positif dan
signifikan. Namun, terdapat hipotesis yang ditolak dikarenakan kepuasan
pelanggan dan loyalitas merek berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Implikasi
manajerial yang dapat digunakan oleh pihak Apotek K-24 yaitu menerapkan
penelitian ini dalam mempertimbangkan kebijakan dan pengelolaan perusahaan
Apotek K-24 di Semarang di masa yang akan datang.
Keywords : | Perceived Price, Brand Image, Service Quality, Customer Satisfaction, Brand Loyalty., Persepsi Harga, Citra Merek, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Merek. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Adityo Nugroho |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 07:03 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 07:03 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13942 |