ANALISIS PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN GREEN PURCHASE INTENTION, GREEN CUSTOMER BEHAVIOR, DAN CUSTOMER PREFERENCES SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Konsumen Starbucks di Kota Semarang)

MAHARASTHRA, Muhammad Raihan Karan and BATU, Kardison Lumban,(6 March 2024), ANALISIS PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN GREEN PURCHASE INTENTION, GREEN CUSTOMER BEHAVIOR, DAN CUSTOMER PREFERENCES SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Konsumen Starbucks di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi iklim dan panas bumi semakin memburuk, salah satu penyebabnya adalah tingginya tingkat pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah atau limbah yang tidak terurai. Industri food and beverages sebagai salah satu penyumbang terbesar dari limbah plastik tidak tinggal diam dalam menanggapi isu lingkungan ini. Mereka menerapkan strategi pemasaran yang lebih ramah lingkungan disebut green marketing. Starbucks sebagai salah satu industri food and beverages terbesar tentu juga menerapkan green marketing. Penelitian ini dikembangkan untuk menganalisis pengaruh dari penerapan green marketing Starbucks khususnya Starbucks Kota Semarang terhadap customer loyalty dari para pelanggan Starbucks itu sendiri. Dalam mempengaruhi customer loyalty, green marketing dimediasi oleh green purchase intention, green customer behavior, dan customer preferences. Konsep kerangka penelitian bersumber dari teori dan penelitian yang sudah ada sebelumnya. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui metode kuesioner yang tersusun dari pertanyaan terbuka dan tertutup, dibagikan secara daring dan berhasil mendapatkan 150 responden. Kriteria responden adalah pernah melakukan pembelian produk Starbucks. Hasil dari pengumpulan data kuesioner dianalisis secara kuantitatif dan struktural dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) menggunakan software atau program AMOS (Analysis Moment of Structural) versi 24. Hasil pada penelitian ini berhasil membuktikan bahwa green marketing memiliki pengaruh yang signifikan secara positif terhadap customer loyalty. Pengaruh positif dan signifikan tersebut secara tidak langsung dimediasi oleh green purchase intention, green customer behavior, dan customer preferences. Implikasi manajerial yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan penelitian ini sebagai pertimbangan untuk Starbucks khususnya Starbucks Kota Semarang untuk mengevaluasi strategi green marketing mereka.
Keywords : Green Marketing, Green Purchase Intention, Green Customer Behavior, Customer Preferences, Customer Loyalty., Green Marketing, Green Purchase Intention, Green Customer Behavior, Customer Preferences, Customer Loyalty.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Muhammad Raihan Karan Maharasthra
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:04
Last Modified: 22 Mar 2024 07:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14002

Actions (login required)

View Item
View Item