WIDJANARKO, Fariza Zora Sabrina and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(8 March 2024), ANALISIS PENGARUH ISLAMIC SERVICE QUALITY DAN MUSLIM CUSTOMER PERCEIVED VALUE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN DAMPAKNYA TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA HOTEL SYARIAH DI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (181kB)
Download (181kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (177kB)
Download (177kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (252kB)
Download (252kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (109kB)
Download (109kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (157kB)
Download (157kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Indonesia merupakan negara peringkat 1 pariwisata syariah dan mendapat predikat Top Muslim Friendly Destination of The Year 2023 dalam Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2023. Salah satu kota yang mulai mengembangkan pariwisata syariah dengan berusaha mengembangkan hotel yang sesuai dengan prinsip syariah adalah Semarang. Namun, masih sedikit penelitian yang melibatkan Islamic service quality dan Muslim Customer Perceived Value dari tamu hotel syariah. Selain itu, ditemukan inkonsistensi penelitian antara customer satisfaction terhadap customer loyalty yang dilakukan oleh penelitian terdahulu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan customer satisfaction terhadap customer loyalty pada hotel syariah di Semarang melalui Islamic service quality dan Muslim Customer Perceived Value.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling secara daring terhadap 202 responden. Kriteria responden penelitian adalah Muslim/Muslimah hotel yang pernah menginap di hotel syariah Semarang minimal 1 kali sebelumnya. Hasil dari pengumpulan data kuesioner yang telah diperoleh dianaliasis dengan menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Modelling Based Partial Least Square) dengan menggunakan program SmartPLS 4.
Temuan penelitian ini berhasil membuktikan bahwa melalui Islamic service quality dan Muslim Customer Perceived Value dapat meningkatkan customer satisfaction dengan pengaruh positif signifikan. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat pengaruh positif signifikan antara customer satisfaction terhadap customer loyalty.
Keywords : | Islamic service quality, Muslim Customer Perceived Value, customer satisfaction, customer loyalty, Islamic service quality, Muslim Customer Perceived Value, customer satisfaction, customer loyalty |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Fariza Zora Sabrina Widjanarko |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 03:05 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 03:05 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14037 |