PENGARUH PRAKTIK GREEN HUMAN RESOURCE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Kategori Emas dan Hijau PROPER Kementerian LHK Tahun 2022)

SURAHMAN, Septiansyah and ANDRIYANI, Andriyani,(19 February 2024), PENGARUH PRAKTIK GREEN HUMAN RESOURCE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Kategori Emas dan Hijau PROPER Kementerian LHK Tahun 2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (58kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (202kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (109kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja lingkungan perusahaan merupakan salah satu indikator bentuk komitmen perusahaan dalam peran sertanya menjaga kelestarian lingkungan melalui sistem manajemen lingkungan yang baik. Teori Abiliy-Motivaton- Opportunity (Teori AMO) menjelaskan bahwa praktik green human resource management (praktik GHRM) mampu meningkatkan kemampuan dan motivasi karyawan untuk berpartisipasi dalam pengelolaan lingkungan dan memberi peluang tercapainya kinerja lingkungan perusahaan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh praktik GHRM terhadap kinerja lingkungan perusahaan melalui mediasi pro-environmental behavior yang dimoderasi oleh environmental knowledge. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan dari PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk, PT Petrokimia Gresik, dan PT Kalbe Farma dengan jumlah sampel sebanyak 84 responden yang diambil menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS Ver.3. Hasil penelitian menunjukkan praktik GHRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja lingkungan perusahaan, praktik GHRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap pro-environmental behavior, serta proenvironmental behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja lingkungan perusahaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa kinerja lingkungan perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja lingkungan melalui mediasi pro-environmental behavior. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa environmental behavior mampu memoderasi pengaruh praktik GHRM terhadap pro-environmental behavior.
Keywords : Green human resource management practices, company environmental performance, pro-environmental behavior, environmental knowledge., Kata kunci: Praktik green human resource management, kinerja lingkungan perusahaan, pro-environmental behavior, environmental knowledge.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Septiansyah Surahman
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:43
Last Modified: 28 Mar 2024 06:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14066

Actions (login required)

View Item
View Item