ANALISIS FAKTOR PENENTU PERPINDAHAN MEREK PRODUK SMARTPHONE PADA MILENIAL DAN GENERASI Z DI INDONESIA

ARUM, Diatri Nimas and INDRIANI, Farida,(25 March 2024), ANALISIS FAKTOR PENENTU PERPINDAHAN MEREK PRODUK SMARTPHONE PADA MILENIAL DAN GENERASI Z DI INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di era teknologi digital yang semakin modern, penggunaan smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masa kini. Perusahaan smartphone berlomba-lomba untuk menciptakan berbagai jenis smartphone dengan teknologi dan visual terbaik sesuai dengan versinya. Persaingan pasar smartphone semakin ketat dan keras untuk mendapatkan perhatian dari dua segmen konsumen dengan populasi terbanyak yaitu generasi Z dan Milenial. Perilaku perpindahan merek telah menjadi perhatian utaman dalam pemasaran smartphone. Studi ini berfokus untuk mengeksplorasi pola dan faktor-faktor penentu perpindahan merek yang dilakukan oleh generasi Z dan milenial. Dengan mengkaji nilai konsumen, kepercayaan merek, komitmen merek, kesesuaian citra diri, dan daya tarik alternatif sebagai faktor penentu perpindahan merek, penelitain ini berupaya memberikan wawasan dinamika loyalitas merek dan preferensi konsumen. Pengambilan data dari penelitian ini dilakukan secara online menggunakan Google Form yang melibatkan 215 responden dari generasi Z dan milenial yang pernah melakukan pergantian merek dari Android ke iOS ataupun sebaliknya. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan aplikasi SmartPLS (Partial Least Square) versi 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa komitmen merek berpengaruh tidak signifikan pada perpindahan merek smartphone oleh generasi Z dan milenial, akan tetapi daya tarik alternatif mampu memediasi hubungan antara komitmen merek terhadap perpindahan merek. Dalam penelitian ini juga mengungkapkan bahwa komitmen merek berpengaruh pada kesesuaian citra diri. Seseorang atau individu yang memiliki kesesuaian citra antara merek dan dirinya akan enggan melakukan perpindahan merek. Temuan ini akan berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang perilaku konsumen di pasar smartphone, membantu merek merumuskan strategi efektif untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.
Keywords : Brand Switching, Brand Commitment, self-image Congruence, Alternative Attraction, and Smartphone Industry, Perpindahan Merek, Komitmen Merek, Kesesuaian Citra diri, Daya Tarik Alternatif, dan Industri Smartphone
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Diatri Nimas Arum
Date Deposited: 28 Mar 2024 08:52
Last Modified: 28 Mar 2024 08:52
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14071

Actions (login required)

View Item
View Item