NAFIZA, Fadiyah Sefia and KHASANAH, Imroatul,(31 May 2024), ANALISIS PENGARUH ATTRACTIVENESS, TRUSTWORTHINESS, DAN EXPERTISE INFLUENCER TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND IMAGE PADA PRODUK WARDAH (Studi pada Calon Konsumen Kosmetik Wardah di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Di era digital ini, media sosial menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini membuka peluang besar bagi industri kosmetik untuk memanfaatkan media sosial sebagai platform pemasaran. Salah satu strategi
yang banyak digunakan adalah influencer marketing, di mana Wardah, brand kosmetik lokal ternama, telah sukses mengimplementasikannya. Fenomena ini menarik untuk ditelaah lebih dalam, terutama faktor-faktor yang membuat influencer marketing efektif dalam menarik minat konsumen. Selain itu, penelitian terdahulu menunjukkan inkonsistensi terkait hubungan antara attractiveness influencer dan minat beli konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi minat beli kosmetikWardah di Kota Semarang melalui attractiveness, trustworthiness, expertise, dan brand image
Penelitian ini menggunakan model kerangka penelitian yang dikembangkan berdasarkan teori dan penelitian terdahulu, dengan theory of reasoned action dan theory of source credibility sebagai landasan analisisnya. Data dikumpulkan
melalui kuesioner daring yang disebarkan kepada 129 responden di Kota Semarang yang memenuhi kriteria, yaitu tertarik dengan Wardah, aktif di media sosial, mengikuti influencer Wardah, dan berdomisili di Kota Semarang. Data
yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan struktural menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan program AMOS (Analysis Moment
of Structural) 28.
Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara attractiveness, trustworthiness, dan expertise terhadap brand image, serta hubungan signifikan antara brand image dan purchase intention. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi Wardah dalam memilih influencer yang tepatdi Kota Semarang. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi Wardah dalam mengambil keputusan strategis terkait influencer marketing untuk meningkatkan purchase intention konsumen di Kota Semarang.
Keywords : | Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, Brand Image, Purchase Intention., Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, Brand Image, Purchase Intention. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Fadiyah Sefia Nafiza |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 04:00 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 04:00 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14259 |