ANALISIS PENGARUH ATTRACTIVENESS, TRUSTWORTHINESS, DAN EXPERTISE INFLUENCER TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND IMAGE PADA PRODUK WARDAH (Studi pada Calon Konsumen Kosmetik Wardah di Semarang)

NAFIZA, Fadiyah Sefia and KHASANAH, Imroatul,(31 May 2024), ANALISIS PENGARUH ATTRACTIVENESS, TRUSTWORTHINESS, DAN EXPERTISE INFLUENCER TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND IMAGE PADA PRODUK WARDAH (Studi pada Calon Konsumen Kosmetik Wardah di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di era digital ini, media sosial menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini membuka peluang besar bagi industri kosmetik untuk memanfaatkan media sosial sebagai platform pemasaran. Salah satu strategi yang banyak digunakan adalah influencer marketing, di mana Wardah, brand kosmetik lokal ternama, telah sukses mengimplementasikannya. Fenomena ini menarik untuk ditelaah lebih dalam, terutama faktor-faktor yang membuat influencer marketing efektif dalam menarik minat konsumen. Selain itu, penelitian terdahulu menunjukkan inkonsistensi terkait hubungan antara attractiveness influencer dan minat beli konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi minat beli kosmetikWardah di Kota Semarang melalui attractiveness, trustworthiness, expertise, dan brand image Penelitian ini menggunakan model kerangka penelitian yang dikembangkan berdasarkan teori dan penelitian terdahulu, dengan theory of reasoned action dan theory of source credibility sebagai landasan analisisnya. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang disebarkan kepada 129 responden di Kota Semarang yang memenuhi kriteria, yaitu tertarik dengan Wardah, aktif di media sosial, mengikuti influencer Wardah, dan berdomisili di Kota Semarang. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan struktural menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan program AMOS (Analysis Moment of Structural) 28. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara attractiveness, trustworthiness, dan expertise terhadap brand image, serta hubungan signifikan antara brand image dan purchase intention. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi Wardah dalam memilih influencer yang tepatdi Kota Semarang. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi Wardah dalam mengambil keputusan strategis terkait influencer marketing untuk meningkatkan purchase intention konsumen di Kota Semarang.
Keywords : Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, Brand Image, Purchase Intention., Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, Brand Image, Purchase Intention.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Fadiyah Sefia Nafiza
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:00
Last Modified: 12 Jun 2024 04:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14259

Actions (login required)

View Item
View Item