ABDULLAH, Nur Aniza and BATU, Kardison Lumban,(4 June 2024), ANALISIS PENGARUH AUTHENTICITY DAN PHYSICAL ATTRACTIVENESS INFLUENCER MARKETING SERTA MOBILE CONVENIENCE PADA PRODUK SCARLETT WHITENING DENGAN GREEN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (220kB)
Download (220kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (178kB)
Download (178kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (179kB)
Download (179kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (184kB)
Download (184kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (317kB)
Download (317kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan internet yang semakin
meningkat memberikan peluang baru bagi para influencer dalam dunia
pemasaran. Salah satu merek lokal terkenal saat ini yaitu Scarlett Whitening yang
memanfaatkan beberapa influencer di media sosial untuk menggunakan dan
membuat ulasan tentang produk Scarlett Whitening. Tahun 2020 diketahui bahwa
rekomendasi influencer berdampak pada 62% pembeli online Indonesia sebelum
melakukan pembelian. Namun, dalam memilih influencer harus
mempertimbangkan kredibilitas dari seseorang tersebut apakah dapat dipercaya
atau diandalkan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Selain fenomena
tersebut, terjadi inkonsistensi dari penelitian terdahulu yaitu antara green trust
terhadap repurchase intention. Berdasarkan fenomena dan kesenjangan penelitian
tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk menjawab kesenjangan antara green
trust terhadap repurchase intention pada konsumen Scarlett Whitening di Jawa
Tengah melalui authenticity, physical attractiveness, dan mobile convenience.
Konsep model kerangka penelitian yang dikembangkan antara
authenticity, physical attractiveness, mobile convenience, green trust, dan
repurchase intention bersumber dari teori dan penelitian yang telah dilakukan
sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara
daring yang terdiri dari pertanyaan tertutup dan terbuka berhasil mendapatkan 200
responden. Kriteria responden adalah konsumen Scarlett Whitening, mengikuti
influencer di media sosial, pernah menggunakan produk Scarlett Whitening, dan
berdomisili di Kota Semarang. Hasil dari data kuesioner tersebut selanjutnya
dianalisis secara kuantitatif struktural dengan menggunakan metode SEM
(Structural Equation Modelling) menggunakan program AMOS (Analysis
Moment of Structural) 24.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa authenticity dan mobile
convenience dapat memperkuat hubungan antara green trust terhadap repurchase
intention dengan membawa pengaruh positif yang signifikan. Authenticity
berpengaruh positif dan signifikan terhadap green trust, mobile convenience
berpengaruh positif dan signifikan terhadap green trust, green trust berpengaruh
positif dan signifikan terhadap repurchase intention. Namun, terdapat penolakan
hipotesis yang berpengaruh negatif dan tidak signifikan yaitu physical
attractiveness terhadap green trust. Implikasi manajerial yang dapat dikaji dalam
penelitian ini adalah memberikan pertimbangan bagi Scarlett Whitening dalam
pemilihan influencer untuk pemasaran.
Keywords : | Authenticity, Physical Attractiveness, Mobile Convenience, Green Trust, Repurchase Intention, Authenticity, Physical Attractiveness, Mobile Convenience, Green Trust, Repurchase Intention |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nur Aniza Abdullah |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 01:54 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 01:54 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14327 |