ANALISIS PENGARUH AUTHENTICITY DAN PHYSICAL ATTRACTIVENESS INFLUENCER MARKETING SERTA MOBILE CONVENIENCE PADA PRODUK SCARLETT WHITENING DENGAN GREEN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

ABDULLAH, Nur Aniza and BATU, Kardison Lumban,(4 June 2024), ANALISIS PENGARUH AUTHENTICITY DAN PHYSICAL ATTRACTIVENESS INFLUENCER MARKETING SERTA MOBILE CONVENIENCE PADA PRODUK SCARLETT WHITENING DENGAN GREEN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (220kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (178kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (179kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (317kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan internet yang semakin meningkat memberikan peluang baru bagi para influencer dalam dunia pemasaran. Salah satu merek lokal terkenal saat ini yaitu Scarlett Whitening yang memanfaatkan beberapa influencer di media sosial untuk menggunakan dan membuat ulasan tentang produk Scarlett Whitening. Tahun 2020 diketahui bahwa rekomendasi influencer berdampak pada 62% pembeli online Indonesia sebelum melakukan pembelian. Namun, dalam memilih influencer harus mempertimbangkan kredibilitas dari seseorang tersebut apakah dapat dipercaya atau diandalkan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Selain fenomena tersebut, terjadi inkonsistensi dari penelitian terdahulu yaitu antara green trust terhadap repurchase intention. Berdasarkan fenomena dan kesenjangan penelitian tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk menjawab kesenjangan antara green trust terhadap repurchase intention pada konsumen Scarlett Whitening di Jawa Tengah melalui authenticity, physical attractiveness, dan mobile convenience. Konsep model kerangka penelitian yang dikembangkan antara authenticity, physical attractiveness, mobile convenience, green trust, dan repurchase intention bersumber dari teori dan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara daring yang terdiri dari pertanyaan tertutup dan terbuka berhasil mendapatkan 200 responden. Kriteria responden adalah konsumen Scarlett Whitening, mengikuti influencer di media sosial, pernah menggunakan produk Scarlett Whitening, dan berdomisili di Kota Semarang. Hasil dari data kuesioner tersebut selanjutnya dianalisis secara kuantitatif struktural dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) menggunakan program AMOS (Analysis Moment of Structural) 24. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa authenticity dan mobile convenience dapat memperkuat hubungan antara green trust terhadap repurchase intention dengan membawa pengaruh positif yang signifikan. Authenticity berpengaruh positif dan signifikan terhadap green trust, mobile convenience berpengaruh positif dan signifikan terhadap green trust, green trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention. Namun, terdapat penolakan hipotesis yang berpengaruh negatif dan tidak signifikan yaitu physical attractiveness terhadap green trust. Implikasi manajerial yang dapat dikaji dalam penelitian ini adalah memberikan pertimbangan bagi Scarlett Whitening dalam pemilihan influencer untuk pemasaran.
Keywords : Authenticity, Physical Attractiveness, Mobile Convenience, Green Trust, Repurchase Intention, Authenticity, Physical Attractiveness, Mobile Convenience, Green Trust, Repurchase Intention
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nur Aniza Abdullah
Date Deposited: 20 Jun 2024 01:54
Last Modified: 20 Jun 2024 01:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14327

Actions (login required)

View Item
View Item