VIRYAN, Muhammad Rifqi and FUAD, Mas'ud,(4 June 2024), ANALISIS PENGARUH LABEL HALAL, KUALITAS LAYANAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DI APLIKASI LAYANAN PESAN ANTAR MAKANAN (Studi Pada Mahasiswa di Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (35kB)
Download (35kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (131kB)
Download (131kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (107kB)
Download (107kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Teknologi dan sistem informasi terus berkembang pesat, memudahkan
berbagai aktivitas manusia di berbagai bidang. Di Indonesia, penggunaan internet
terus meningkat, terutama selama pandemi COVID-19 yang mendorong
munculnya sistem work from home dan school from home. Fenomena ini juga
memicu pertumbuhan layanan pesan antar melalui platform digital, seperti Mobile
Food Ordering Apps (MFOA), yang membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
(UMKM) dalam pertumbuhan ekonomi. Meskipun demikian, terdapat beberapa
kasus dimana konsumen tidak mendapatkan produk yang sesuai pada deskripsi
produk. Selain itu, permasalahan seperti aplikasi penyedia layanan yang sering
mengalami perbaikan hingga terjadi kesalahan sistem, menjadi salah satu faktor
yang menghambat konsumen untuk menggunakan layanan tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk menginvestigasi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian
makanan melalui layanan pesan antar di kalangan mahasiswa di Universitas
Diponegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kuantitatif dengan metode
analisis regresi linier berganda. Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti
menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang dibagikan secara online
menggunakan platform google form. Total sebanyak 127 jawaban responden
digunakan dalam menguji hubungan antar variabel independen yang meliputi Label
Halal, Kualitas Layanan, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian
makanan melalui layanan pesan antar menjadi variabel dependen. Alat analisis
Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 26 digunakan dalam proses
pengujian instrumen dan analisis data dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini mengungkap dua dari tiga variabel independen yaitu
Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terbukti secara statistik memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian makanan melalui layanan
pesan antar di kalangan mahasiswa muslim di Universitas Diponegoro. Sedangkan
variabel Label Halal tidak terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian pembelian makanan melalui layanan pesan antar di
kalangan mahasiswa muslim di Universitas Diponegoro.
Keywords : | Purchase Decision, Delivery Service, Halal Label, Product Quality, Service Quality, Keputusan Pembelian, Layanan Pesan Antar, Label Halal, Kualitas Produk, Kualitas Layanan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Muhammad Rifqi Viryan |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 06:05 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 06:05 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14334 |