ASIMETRI INFORMASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP FIRM VALUE (Studi pada saham-saham yang terdaftar dalam Index LQ-45 tahun 2013-2022)

SHIFA, Dzauqy and HARTO, Puji,(15 May 2024), ASIMETRI INFORMASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP FIRM VALUE (Studi pada saham-saham yang terdaftar dalam Index LQ-45 tahun 2013-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (84kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (138kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia] Text (Abstrak (Indonesia) - Published Version
Download (110kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (136kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (294kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan pengungkapan CSR dan tingkat kepemilikan institusional yang dilakukan perusahaan memberikan pengaruh dalam mengatasi asimetri informasi dan meningkatkan firm value. Adanya penerapan pengungkapan CSR yang baik dengan mengikuti peraturan serta dengan pengawasan yang dilakukan kepemilikan institusional yang ada mampu meningkatkan transparansi informasi yang dapat meredam asimetri informasi yang pada akhirnya meningkatkan kepercayaan investor terhadap suatu perusahaan sehingga mampu meningkatkan firm value. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh pengungkapan CSR dan tingkat kepemilikan institusional terhadap firm value secara langsung serta pengaruh pengungkapan CSR dan tingkat kepemilikan institusional terhadap firm value secara tidak langsung melalui asimetri informasi sebagai variabel mediasi. Sampel penelitian sebanyak 270 data terdiri dari perusahaan-perusahaan yang tercatat dalam Indeks lQ45 tahun 2013-2022. Hasil uji analisis PLS menemukan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap firm value namun berpengaruh negatif signifikan terhadap firm value melalui asimetri informasi sebagai variabel mediasi. Ditemukan pula bahwa kepemilikan institusional berpengaruh positif signifikan terhadap firm value dan berpengaruh negatif signifikan terhadap firm value melalui asimetri informasi sebagai variabel mediasi.
Keywords : CSR disclosure, institutional ownership, information asymmetry and firm value., Pengungkapan CSR, kepemilikan institusional, asimetri informasi dan nilai perusahaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: dzauqy shifa
Date Deposited: 20 Jun 2024 10:18
Last Modified: 20 Jun 2024 10:25
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14348

Actions (login required)

View Item
View Item