GREEN INNOVATION TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN COMPETITIVE ADVANTAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Farmasi dan Makanan-Minuman Yang Terdaftar Pada BEI Tahun 2020-2022)

SUPROJO, Ika Trisnawati and HARTO, Puji,(19 June 2024), GREEN INNOVATION TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN COMPETITIVE ADVANTAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Farmasi dan Makanan-Minuman Yang Terdaftar Pada BEI Tahun 2020-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green innovation terhadap nilai perusahaan dengan competitive advantage sebagai variabel mediasi. Fokus penelitian ini adalah pada perusahaan manufaktur subsektor farmasi dan makanan-minuman yang terdaftar di BEI selama tahun 2020 hingga 2022. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan mengumpulkan data dari 120 sampel yang mewakili 43 perusahaan. Analisis penelitian ini menggunakan teknik regresi berganda dengan green innovation sebagai variabel independen, nilai perusahaan diukur dengan Tobin’s Q sebagai variabel dependen, competitive advantage dihitung melalui asset turnover sebagai variabel mediasi. Penelitian ini juga menggunakan leverage, firm size, dan jenis industri sebagai variabel kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green innovation memberikan pengaruh positif terhadap competitive advantage dan nilai perusahaan. Competitive advantage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Selanjutnya, competitive advantage terbukti secara statistik dapat memediasi green innovation dan nilai perusahaan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan baru bagi perusahaan untuk mempertimbangkan green innovation sebagai strategi dalam mencapai competitive advantage, yang pada gilirannya akan meningkatkan nilai perusahaan.
Keywords : competitive advantage, firm value, food and beverage industry, green innovation, pharmaceutical industry, competitive advantage, nilai perusahaan, green innovation, industri farmasi, industri makanan dan minuman
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Ika Trisnawati Suprojo
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:30
Last Modified: 26 Jun 2024 03:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14466

Actions (login required)

View Item
View Item