ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TENAGA KERJA DI INDONESIA TAHUN 2015 - 2023

RAMADANI, Gelin and ISKANDAR, Deden Dinar,(3 June 2024), ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TENAGA KERJA DI INDONESIA TAHUN 2015 - 2023. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan tenaga kerja di Indonesia pada periode 2015-2023. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan stabil untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kesempatan kerja. Permintaan tenaga kerja dalam penelitian ini diukur berdasarkan beberapa variabel utama, yaitu Upah Rill, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), dan Investasi. Metode analisis yang digunakan adalah Fixed Effect Model (FEM) Data Panel. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan laporan lainnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Upah Rill dan PDRB memiliki pengaruh signifikan terhadap Permintaan Tenaga Kerja sedangkan Investasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap Permintaan Tenaga Kerja. Secara simultan, Upah Rill, PDRB dan Investasi juga secara signifikan mempengaruhi permintaan tenaga kerja di Indonesia. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan teori ekonomi terkait faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan tenaga kerja dan memberikan rekomendasi kebijakan bagi pemerintah dalam upaya mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
Keywords : Labour Demand, Real Wage, Gross Regional Domestic Product (GDRP), Investment, Fixed Effect Model (FEM), Permintaan Tenaga Kerja, Upah Rill, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) , Investasi, Fixed Effect Model (FEM)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Gelin Ramadani
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:14
Last Modified: 26 Jun 2024 04:15
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14476

Actions (login required)

View Item
View Item