ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, PROMOSI PENJUALAN, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SABUN MANDI CAIR MEREK DETTOL (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro)

RAFIDA, Nafi Nur and HIDAYATI, Retno,(19 June 2019), ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, PROMOSI PENJUALAN, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SABUN MANDI CAIR MEREK DETTOL (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-12010115120034.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen, khususnya konsumen mahasiswa Universitas Diponegoro dalam mengambil keputusan pembelian sabun mandi cair merek Dettol. Variabel independen yang digunakan adalah persepsi harga (X1), promosi penjualan (X2), dan kepercayaan konsumen (X3). Variabel dependen yang digunakan yaitu Keputusan Pembelian (Y). Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 responden yang menggunakan teknik accidental sampling dalam pengambilannya. Kuesioner diuji dengan menggunakan teknik analisis uji semantik dan uji statistik. Angka indeks dan analisis regresi linear berganda sebagai pengolahan data dengan memenuhi kriteria asumsi klasik dan uji R^2, uji F serta uji t. Persamaan regresi linear berganda pada penelitian ini menghasilkan Y = 0,195 X1 – 0,004 X2 + 0,621 X3. Variabel kepercayaan konsumen merupakan variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sebagai variabel dependen (0,621). Variabel independen hanya dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 53% yang dilihat dari hasil uji R^2. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa model yang ditawarkan layak atau fit. Persepsi harga dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan promosi penjualan berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan berdasarkan hasil uji t.
Keywords : price perception, sales promotion, consumer trust, purchasing decision., persepsi harga, promosi penjualan, kepercayaan konsumen, keputusan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 02:44
Last Modified: 23 Jan 2020 02:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1448

Actions (login required)

View Item
View Item