PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KONSUMEN YANG MENGETAHUI PRODUK IPHONE DI KOTA SEMARANG)

NUR'KHALISHA, Devani and KUSUMAWARDHANI, Amie,(19 June 2024), PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KONSUMEN YANG MENGETAHUI PRODUK IPHONE DI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (243kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (180kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (248kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (206kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (252kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di era kemajuan teknologi saat ini, smartphone sudah menjadi bagian penting bagi sebagian hidup masyarakat. Indonesia berada di posisi keempat dalam jajaran negara dengan pengguna smartphone terbanyak. Namun, brand iPhone di Indonesia masih menempati peringkat ke-empat dalam penjualan. Data statistik juga menyatakan bahwa adanya penurunan volume penjualan iPhone pada tahun 2021 ke 2022. Menurunnya penjualan iPhone di Indonesia dapat dikaitkan dengan brand image dari iPhone dan bagaimana citra tersebut mempengaruhi purchase intention konsumen. Selain itu, dengan meningkatkan brand image, brand trust dan brand awareness dapat berperan penting dalam meningkatkan purchase intention. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan diisi oleh responden yang telah memenuhi kriteria yang ditentukan, yaitu konsumen yang mengetahui produk iPhone di Kota Semarang. Hasil pengumpulan data diolah secara kuantitatif dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) menggunakan program AMOS (Analysis Moment of Structural). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, penelitian ini membuktikan bahwa brand image tidak berpengaruh terhadap purchase intention. Tetapi brand trust dan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Kemudian untuk efek mediasi brand awareness tidak dapat memediasi pengaruh antara brand image terhadap purchase intention dan brand trust terhadap purchase intention. Implikasi manajerial yang dapat diterapkan dengan menggunakan penelitian ini adalah Apple perlu lebih fokus pada upaya membangun brand trust dimata konsumen namun, brand image juga penting untuk dipertahankan.
Keywords : Brand Image, Brand Trust, Brand Awareness, Purchase Intention, Brand Image, Brand Trust, Brand Awareness, Purchase Intention
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Devani Nur'khalisha
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:27
Last Modified: 16 Jul 2024 02:48
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14565

Actions (login required)

View Item
View Item