PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, GOVERNANCE, DAN SALES GROWTH TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun Periode 2019-2022)

WICAKSONO, Joseph Aurel Pradipta and MUID, Dul,(11 July 2024), PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, GOVERNANCE, DAN SALES GROWTH TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun Periode 2019-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan lingkungan, sosial, tata kelola, dan pertumbuhan penjualan terhadap penghindaran pajak pada perusahaan telekomunikasi. Penelitian ini menjadikan pengungkapan lingkungan, sosial, tata kelola, yang diukur berdasarkan standar GRI 2021, dan pertumbuhan penjualan sebagai variabel independen. Penghindaran pajak, yang diukur melalui CETR, dijadikan sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor telekomunikasi yang terdaftar di BEI pada tahun 2019-2022. Melalui metode purposive sampling, terdapat 54 data yang dijadikan sampel akhir dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda menggunakan IBM SPSS 26. Hasil penelitian menemukan bahwa pengungkapan lingkungan berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak, dan pengungkapan sosial berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak. Di sisi lain, pengungkapan tata kelola perusahaan memiliki pengaruh negatif terhadap penghindaran pajak, namun tidak signifikan. Begitu pula pengaruh pertumbuhan penjualan pada penghindaran pajak yang negatif tetapi tidak signifikan.
Keywords : ESG Disclosure, Sales Growth, Tax Avoidance, CETR, Pengungkapan ESG, Pertumbuhan Penjualan, Penghindaran Pajak, CETR.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Joseph Aurel Pradipta Wicaksono
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:45
Last Modified: 23 Jul 2024 06:51
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14794

Actions (login required)

View Item
View Item