DETERMINAN CORPORATE PERFORMANCE DAN GOVERNANCE TERHADAP SUSTAINABILITY REPORTING (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022)

UTAMA, Gabriele Aldo and MUID, Dul,(10 July 2024), DETERMINAN CORPORATE PERFORMANCE DAN GOVERNANCE TERHADAP SUSTAINABILITY REPORTING (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (139kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (258kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (242kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (529kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (759kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan sektor energi menggunakan sumber daya alam sebagai bahan baku. Alam menjadi korban dari perusahaan energi karena perusakan yang dilakukan. Bencana alam menjadi bukti bahwa kerusakan alam berdampak bagi masyarakat sekitar. Maka dari permasalahan yang ada, hadir tuntutan dari masyarakat agar perusahaan mempertanggungjawabkan lingkungan melalui kinerja keberlanjutan yang dilaporkan pada Sustainability Report. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan bukti empiris mengenai faktor yang memengaruhi Sustainability Report. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif yang memanfaatkan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia sektor energi. Metode yang digunakan untuk memilih sampel adalah purposive sampling sebanyak 49 perusahaan selama 3 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Aplikasi statistik yang digunakan untuk melakukan analisis data adalah IBM SPSS versi 25. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap Sustainability Report. Selain itu, profitabilitas, komite audit, aktivitas, dewan direksi, dan solvabilitas tidak berpengaruh terhadap Sustainability Report. Keterbatasan pada penelitian ini adalah hasil koefisien determinasi sebesar 21,7%. Atas keterbatasan tersebut, saran yang diberikan adalah penambahan variabel independen seperti ESG Score dan perubahan atau penambahan populasi.
Keywords : profitability, audit committee, company size, activity, board of directors, leverage, Sustainability Report., profitabilitas, komite audit, ukuran perusahaan, aktivitas, dewan direksi, solvabilitas, Sustainability Reporting.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Gabriele Aldo Utama
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:58
Last Modified: 24 Jul 2024 07:02
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14806

Actions (login required)

View Item
View Item