PENGARUH PROFITABILITAS, UMUR PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, TIPE INDUSTRI, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020 – 2023)

PUTRI, Anggie Wiyan and MARSONO, Marsono,(18 July 2024), PENGARUH PROFITABILITAS, UMUR PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, TIPE INDUSTRI, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020 – 2023). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (75kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (10kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (96kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (99kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sustainability report merupakan laporan yang berisi mengenai aktivitas ekonomi, sosial, dan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk bertanggungjawabannya kepada para stakeholder. Namun masih terdapat beberapa perusahaan yang belum menerbitkan sustainability report. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, umur perusahaan, ukuran perusahaan, tipe industri, dan komite audit terhadap pengungkapan sustainability report. Penelitian ini merupakan modifikasi penelitian yang sebelumnya pernah dilakukan oleh (Bhatia & Tuli, 2017) yang membahas pengaruh corporate attributes terhadap sustainability reporting pada perusahaan yang terdaftar pada Bombay Stock Exchange. Sampel penelitian yang digunakan merupakan perusahaan-perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2020-2023. Teknik pemilihan sampel yang digunakan merupakan purposive sampling untuk mendapatkan sampel yang memenuhi kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Sebanyak 22 perusahaan dari 64 perusahaan memenuhi kriteria dengan jumlah data sebanyak 88 data. Data penelitian merupakan data sekunder yang berseumber dari annual report dan sustainability report perusahaan yang dirilis di website resmi peusahaan. Analisis yang digunakan dalam pengolahan data penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, ukuran perusahaan dan tipe industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sustainability report. Variabel komite audit berpengaruh negatif terhadap pengungkapan sustainability report. Variabel umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report.
Keywords : Profitability, company size, company age, industry type, audit committee, sustainability report., Profitabilitas, ukuran perusahaan, umur perusahaan, tipe industri, komite audit, sustainability report.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Anggie Wiyan Putri
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:11
Last Modified: 12 Aug 2024 06:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14904

Actions (login required)

View Item
View Item