ANALISIS PENGARUH ENVIRONMENTAL, SOCIAL, AND GOVERNANCE DISCLOSURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi empiris pada perusahaan manufaktur terdaftar di BEI periode 2018-2022)

WAHYUDI, Diki and JANUARTI, Indira,(5 August 2024), ANALISIS PENGARUH ENVIRONMENTAL, SOCIAL, AND GOVERNANCE DISCLOSURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi empiris pada perusahaan manufaktur terdaftar di BEI periode 2018-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (52kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (24kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (24kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (172kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan aktivitas bisnis yang sangat pesat menimbulkan persaingan setiap perusahaan untuk mengoptimalkan nilai perusahaannya untuk meningkatkan kesejahteraan pemegang saham. Pengungkapan ESG menjadi peluang bagi perusahaan untuk menunjukkan tanggung jawab mereka dalam lingkup lingkungan, sosial, dan tata kelola yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik sehingga diharapkan perusahaan dapat menjual lebih banyak produknya kepada publik dan meningkatkan kinerja keuangan dan meningkatnya nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh ESG disclosure terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan keberlanjutan perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2022. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan dan mengungkapkan kinerja ESG pada periode tersebut sehingga diperoleh 215 sampel. Metode analisis yang digunakan yaitu metode regresi berganda menggunakan software IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ESG disclosure berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. ESG disclosure tidak berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Kinerja keuangan tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Tetapi, kinerja keuangan terbukti dapat memediasi hubungan ESG disclosure terhadap nilai perusahaan. Temuan penelitian ini menyajikan bukti empiris bahwa ESG disclosure berpengaruh secara langsung terhadap nilai perusahaan dan secara tidak langsung melalui kinerja keuangan perusahaan. Oleh karena itu, disarankan bagi pihak terkait agar dapat menerapkan ESG disclosure ini untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu optimalisasi nilai perusahaan.
Keywords : ESG Disclosure, Company Value, Financial Performance., Pengungkapan ESG, Nilai Perusahaan, Kinerja Keuangan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Diki Wahyudi
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:38
Last Modified: 15 Aug 2024 04:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14943

Actions (login required)

View Item
View Item