PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, AND GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di BEI Periode 2019 2022)

FEBRIANTI, Mega and PARASETYA, Mutiara Tresna,(8 August 2024), PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, AND GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di BEI Periode 2019 2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis dan menghasilkan temuan empiris terkait dengan pengaruh pengungkapan environmental, social, and governance terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu laporan keuangan perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI selama periode 2019 2022 sebanyak 35 perusahaan dengan jumlah sampel 95. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 26. Variabel independen yang digunakan yaitu pengungkapan environmental, social, and governance yang diproksikan dengan menggunakan ESG Disclosure Score. Di samping itu, variabel dependen yaitu nilai perusahaan yang diproksikan dengan menggunakan Tobin’s Q dan profitabilitas yang diproksikan dengan menggunakan Return on Asset (ROA). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa skor pengungkapan ESG berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas.
Keywords : Environmental, social, and governance disclosure, company value, and profitability., Pengungkapan environmental, social, and governance, nilai perusahaan, dan profitabilitas.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Mega Febrianti
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:04
Last Modified: 16 Aug 2024 03:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14948

Actions (login required)

View Item
View Item