PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2023)

PUTRI, Alvita Lovenika and RAHARDJO, Shiddiq Nur,(14 August 2024), PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2023). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (68kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (41kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (157kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (819kB) | Request a copy

Abstract

Kinerja keuangan merupakan salah satu alat ukur penting dalam penilaian kesehatan perusahaan sebelum pengambilan keputusan keuangan. Kurangnya pengelolaan operasi perusahaan yang baik dapat menghambat peningkatan kinerja keuangan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh financial leverage dan likuiditas terhadap kinerja keuangan perusahaan di sektor Consumer Non- Cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2023. Adapun beberapa teori yang diimplikasikan dalam penelitian ini yaitu pecking order theory, trade-off theory, dan teori manajemen modal kerja perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder, data diperoleh melalui dokumentasi laporan keuangan tahunan perusahaan di sektor Consumer Non-Cyclicals periode 2020-2023. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 288 dari 422 populasi yang terdapat pada daftar Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menerapkan metode analisis yang berupa analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang dilakukan melalui pengujian hipotesis uji-t financial leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Hal ini sejalan dengan hipotesis pada rasio cepat yang berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sementara itu, pada variabel rasio lancar dan rasio kas terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan.
Keywords : financial leverage, liquidity, and company’s financial performance., financial leverage, likuiditas, dan kinerja keuangan perusahaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Alvita Lovenika Putri
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:17
Last Modified: 21 Aug 2024 08:17
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14974

Actions (login required)

View Item
View Item