GREEN BANKING IMPLEMENTATION: EVALUATING ITS IMPACT ON CUSTOMER PERSPERCTIVE

HARDOSUBROTO, Antheo Mattew Himawan and JULIARTO, Agung,(14 June 2024), GREEN BANKING IMPLEMENTATION: EVALUATING ITS IMPACT ON CUSTOMER PERSPERCTIVE. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi lingkungan global saat ini sangat memprihatinkan, dengan berbagai masalah yang saling terkait menimbulkan ancaman serius terhadap ekosistem kita, kesehatan manusia, dan pembangunan berkelanjutan. Dengan meningkatnya kekhawatiran lingkungan, banyak industri telah mengadopsi praktik berkelanjutan untuk menghindari risiko yang dapat merusak planet kita. Menanggapi hal ini, industri perbankan telah mengadopsi praktik perbankan hijau, mengutamakan praktik keberlanjutan yang sejalan dengan kebijakan ramah lingkungan untuk mengurangi jejak karbon, mengatasi perubahan iklim, dan menurunkan biaya energi. Keuangan hijau adalah salah satu aspek kunci dari perbankan hijau yang melibatkan pengalihan investasi mereka dari perusahaan yang tidak ramah lingkungan ke perusahaan yang berkelanjutan. Penelitian ini menyelidiki bagaimana inisiatif keuangan hijau oleh bank mempengaruhi persepsi pelanggan, terutama dalam hal kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Metodologi yang digunakan melibatkan wawancara kualitatif dengan 11 pelanggan dari berbagai generasi di ING Bank di Belanda dan tinjauan literatur sebagai data pendukung. Studi ini menemukan bahwa inisiatif keuangan hijau berdampak signifikan terhadap kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Generasi muda, termasuk Generasi Y dan Z, cenderung melihat keuangan hijau dengan baik, yang pada akhirnya meningkatkan kepercayaan dan loyalitas mereka terhadap bank. Sebaliknya, Generasi X memandang keuangan hijau kurang baik, yang berpotensi menurunkan kepercayaan dan loyalitas mereka terhadap bank.
Keywords : “Green Banking”, “Green Banking Practices & Initiatives”, “Green Finance”, “Green Banking in the Eye of Banking Customer”, “Green Bank Equity”, “Green Finance Investment”, “Green Banking on Customer Satisfaction”, “The Effect Transition of Green Finance”, etc., “Perbankan Hijau”, “Praktik & Inisiatif Perbankan Hijau”, “Keuangan Hijau”, “Perbankan Hijau di Mata Nasabah Perbankan”, “Ekuitas Perbankan Hijau”, “Investasi Keuangan Hijau”, “Perbankan Hijau terhadap Kepuasan Nasabah”, “Dampak Transisi Keuangan Hijau”, dll.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Antheo Mattew Himawan Hardosubroto
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:37
Last Modified: 23 Aug 2024 03:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14982

Actions (login required)

View Item
View Item