HARDOSUBROTO, Antheo Mattew Himawan and JULIARTO, Agung,(14 June 2024), GREEN BANKING IMPLEMENTATION: EVALUATING ITS IMPACT ON CUSTOMER PERSPERCTIVE. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Kondisi lingkungan global saat ini sangat memprihatinkan, dengan berbagai
masalah yang saling terkait menimbulkan ancaman serius terhadap ekosistem kita,
kesehatan manusia, dan pembangunan berkelanjutan. Dengan meningkatnya
kekhawatiran lingkungan, banyak industri telah mengadopsi praktik berkelanjutan
untuk menghindari risiko yang dapat merusak planet kita. Menanggapi hal ini,
industri perbankan telah mengadopsi praktik perbankan hijau, mengutamakan
praktik keberlanjutan yang sejalan dengan kebijakan ramah lingkungan untuk
mengurangi jejak karbon, mengatasi perubahan iklim, dan menurunkan biaya
energi. Keuangan hijau adalah salah satu aspek kunci dari perbankan hijau yang
melibatkan pengalihan investasi mereka dari perusahaan yang tidak ramah
lingkungan ke perusahaan yang berkelanjutan.
Penelitian ini menyelidiki bagaimana inisiatif keuangan hijau oleh bank
mempengaruhi persepsi pelanggan, terutama dalam hal kepercayaan dan loyalitas
pelanggan. Metodologi yang digunakan melibatkan wawancara kualitatif dengan
11 pelanggan dari berbagai generasi di ING Bank di Belanda dan tinjauan literatur
sebagai data pendukung. Studi ini menemukan bahwa inisiatif keuangan hijau
berdampak signifikan terhadap kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Generasi
muda, termasuk Generasi Y dan Z, cenderung melihat keuangan hijau dengan
baik, yang pada akhirnya meningkatkan kepercayaan dan loyalitas mereka
terhadap bank. Sebaliknya, Generasi X memandang keuangan hijau kurang baik,
yang berpotensi menurunkan kepercayaan dan loyalitas mereka terhadap bank.
Keywords : | “Green Banking”, “Green Banking Practices & Initiatives”, “Green Finance”, “Green Banking in the Eye of Banking Customer”, “Green Bank Equity”, “Green Finance Investment”, “Green Banking on Customer Satisfaction”, “The Effect Transition of Green Finance”, etc., “Perbankan Hijau”, “Praktik & Inisiatif Perbankan Hijau”, “Keuangan Hijau”, “Perbankan Hijau di Mata Nasabah Perbankan”, “Ekuitas Perbankan Hijau”, “Investasi Keuangan Hijau”, “Perbankan Hijau terhadap Kepuasan Nasabah”, “Dampak Transisi Keuangan Hijau”, dll. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Antheo Mattew Himawan Hardosubroto |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 03:37 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 03:37 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14982 |