CAHYOADHI, Aryo Bintang and RAHARDJA, Edy,(12 September 2024), BUSINESS PLAN RINTISAN TOKO JLPARTS (PERSPEKTIF EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN INSTAGRAM). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
JLParts merupakan salah satu bisnis otomotif yang menjualkan sparepart
mobil sekaligus layanan pemasangan sparepart yang didirikan sejak tahun 2022.
Usaha ini dilatarbelakangi oleh kesulitan pemilik mencari sparepart modifikasi
untuk kendaraan di daerah Tembalang dan sekitarnya. Melihat peluang ini,
JLParts didirikan dan dijalankan lewat penjualan daring (lewat Facebook dan
Instagram). Di sisi lain, hingga Juni 2024, hasil penjualan bisnis ini masih belum
sesuai target. Mengingat Facebook dan Instagram merupakan saluran pemasaran
dan penjualan JLParts, maka penting bagi JLParts untuk mengembangkan strategi
pemasaran media sosial.
Untuk bisa mengetahui inovasi strategi pemasaran, maka analisis lingkungan,
kelayakan bisnis, dan business plan JLParts perlu dilakukan. Dari analisis
tersebut, dapat dikembangkan strategi pemasaran media sosial di Facebook dan
Instagram. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, penulisan
ini dilakukan.
Hasil penulisan ini menunjukkan banyak peluang yang diberikan oleh
lingkungan sekitar JLParts bagi kelancaran bisnis ini, operasionalisasi proyek
JLParts sudah berjalan dengan baik, perlu adanya pegawai pemasaran, bisnis ini
telah menghasilkan keuntungan, perlu adanya inovasi pemasaran, bisnis ini sudah
layak untuk dijalankan, serta inovasi pemasaran media sosial yang dapat
dilakukan adalah konten dengan visual yang menarik, konten edukatif, hashtag
yang relevan, kerja sama dengan influencer, konten interaktif, cerita konsumen,
demo produk, penawaran khusus, konten detail produk, testimoni, call to action,
dan menghubungkan konten dengan platform belanja atau social commerce
Facebook dan Instagram
Keywords : | Environmental Analysis, Business Plan, Business Feasibility, Social Media Marketing Strategy Innovation., Analisis Lingkungan, Business Plan, Kelayakan Bisnis, Inovasi Strategi Pemasaran Media Sosial |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Aryo Bintang Cahyoadhi |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:05 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:05 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15169 |