BUSINESS PLAN RINTISAN TOKO JLPARTS (PERSPEKTIF EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN INSTAGRAM)

CAHYOADHI, Aryo Bintang and RAHARDJA, Edy,(12 September 2024), BUSINESS PLAN RINTISAN TOKO JLPARTS (PERSPEKTIF EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN INSTAGRAM). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

JLParts merupakan salah satu bisnis otomotif yang menjualkan sparepart mobil sekaligus layanan pemasangan sparepart yang didirikan sejak tahun 2022. Usaha ini dilatarbelakangi oleh kesulitan pemilik mencari sparepart modifikasi untuk kendaraan di daerah Tembalang dan sekitarnya. Melihat peluang ini, JLParts didirikan dan dijalankan lewat penjualan daring (lewat Facebook dan Instagram). Di sisi lain, hingga Juni 2024, hasil penjualan bisnis ini masih belum sesuai target. Mengingat Facebook dan Instagram merupakan saluran pemasaran dan penjualan JLParts, maka penting bagi JLParts untuk mengembangkan strategi pemasaran media sosial. Untuk bisa mengetahui inovasi strategi pemasaran, maka analisis lingkungan, kelayakan bisnis, dan business plan JLParts perlu dilakukan. Dari analisis tersebut, dapat dikembangkan strategi pemasaran media sosial di Facebook dan Instagram. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, penulisan ini dilakukan. Hasil penulisan ini menunjukkan banyak peluang yang diberikan oleh lingkungan sekitar JLParts bagi kelancaran bisnis ini, operasionalisasi proyek JLParts sudah berjalan dengan baik, perlu adanya pegawai pemasaran, bisnis ini telah menghasilkan keuntungan, perlu adanya inovasi pemasaran, bisnis ini sudah layak untuk dijalankan, serta inovasi pemasaran media sosial yang dapat dilakukan adalah konten dengan visual yang menarik, konten edukatif, hashtag yang relevan, kerja sama dengan influencer, konten interaktif, cerita konsumen, demo produk, penawaran khusus, konten detail produk, testimoni, call to action, dan menghubungkan konten dengan platform belanja atau social commerce Facebook dan Instagram
Keywords : Environmental Analysis, Business Plan, Business Feasibility, Social Media Marketing Strategy Innovation., Analisis Lingkungan, Business Plan, Kelayakan Bisnis, Inovasi Strategi Pemasaran Media Sosial
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Aryo Bintang Cahyoadhi
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:05
Last Modified: 25 Sep 2024 04:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15169

Actions (login required)

View Item
View Item